Waduh, ketiga Gunung ini dianggap sama-sama yang tertinggi di Dunia


     Pasti bingung kan baca judulnya, selama ini orang menganggap everest adalah gunung tertinggi, namun masih ada yang lain lho, tentunya juga dengan pengukuran yang berbeda, dan inilah gunung2 yang dianggap tertinggi di dunia..

1. Gunung Everest
@Gunung Tertinggi Sesungguhnya


     Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet, puncaknya berada di Tibet. Gunung ini memiliki tinggi 8.848 mdpl

2. Gunung Mauna Loa
@Gunung Tertinggi dihitung dari dasar laut


     Ketinggian Mauna Loa Hanya 4.100 m (13.448 kaki) dari gunung tersebut berada di atas permukaan laut. Tetapi apabila diukur dari dasar laut, ketinggian Mauna Loa melebihi Everest kurang lebih 3/4 mil. Mauna Loa mempunyai volume sebesar 15.520 km� (9.700 miles�).

3. Gunung Chimboranzo
@Gunung Tertinggi dihitung dari jarak dengan Inti Bumi


     Tidak banyak orang yang tahu tentang Gunung Chimborazo di Ekuador dengan ketinggian 6.310 meter (20.703 kaki), beda sedikit dari Gunung Everest, namun memiliki perbedaan Chimborazo menjadi gunung tertinggi di atas pusat bumi. Hal ini karena Bumi memiliki poros bulat. Sebagai poros bulat, Bumi adalah yang paling luas di khatulistiwa. Chimborazo hanya satu derajat sebelah selatan khatulistiwa bumi dan pada lokasi itu adalah 6.384 kilometer dari pusat Bumi atau sekitar 2 kilometer lebih jauh dari pusat Bumi dibandingkan Gunung Everest.

Previous
Next Post »