3 hewan asli Jepang yang telah Punah

     Revolusi di jepang yang disebut Restorasi Meiji berdampak sangat besar terhadap ekonomi di jepang, dan pertumbuhan inilah yang menyebabkan lingkungan di jepang rusak, dan tak heran jika beberapa fauna harus menjadi korbanya, seperti yang di bawah ini...

1. Serigala Hokkaido


     Serigala Hokkaido (Canis lupus hattai), dikenal di Jepang sebagai Serigala Ezo , adalah subspesies Canis lupusdi Jepang yang telah punah. Spesies ini dahulu endemik di pulau Hokkaido. Serigala ini punah pada masa restorasi Meiji. Serigala ini akhirnya punah akibat gangguan terhadap habitat dan pemusnahan oleh manusia. Beberapa penampakan serigala Hokkaido telah dilaporkan, namun kebenarannya tidak dapat dipastikan.

2. Serigala Honshu


     Serigala Honshu (Canis lupus hodophilax), dikenal dalam bahasa Jepang sebagai Serigala Jepang, adalah subspesies serigala di Jepang yang telah punah. Serigala ini menghuni pulau Honshu, Shikoku dan Kyushu. Serigala Honshu diduga punah akibat penyakit rabies dan pemusnahan oleh manusia. Spesimen terakhir serigala ini meninggal pada tahun 1905 di prefektur Nara. Beberapa penampakan serigala Jepang telah dilaporkan, namun kebenarannya tidak dapat dipastikan.

3. Singa Laut Jepang


     Singa laut Jepang (Zalophus japonicus) diduga telah punah pada tahun 1950-an. Singa laut Jepang sebelumnya ada di pantai Jepang, namun populasinya berkurang dengan cepat setelah tahun 1930-an akibat perburuan dan meningkatnya kompetisi dengan nelayan komersial. Catatan terakhir mengenai singa laut ini adalah bayi singa laut yang ditangkap pada tahun 1974 di pantai Pulau Rebun, Hokkaido utara.

Previous
Next Post »