7 Spesies Beruang yang Jarang Diketahui

     Ternyata tak hanya beruang grizzly, beruang madu, dan beruang2 terkenal lainya yang ada di bumi ini, masih banyak spesies2 beruang yang belum kita ketahui seperti yang berikut ini...

1. Beruang Cinnamon


     Beruang Cinnamon (Ursus americanus cinnamomum) adalah subspesies dari beruang hitam Amerika, berasal dari Colorado, New Mexico, Idaho,Montana, Washington, Wyoming dan West Canada, Amerika Utara. Perbedaan yang paling mencolok antara beruang Cinnamon dan beruang hitam lainnya adalah bulu yang cokelat atau merah kecokelatan, mengingatkan pada warna kayu manis (Cinnamon), dari mana namanya berasal. Mereka sebagian besar aktif di malam hari (nokturnal), meskipun kadang-kadang aktif selama siang hari (diurnal), dan tidak melakukan hibernasi. 

2. Beruang Hitam Florida


     Beruang hitam Florida (Ursus americanus floridanus) adalah subspesies dari beruang hitam Amerika yang menurut sejarah berkisar di sebagian besar Florida dan bagian selatan Alabama dan Georgia. Beruang besar yang berbulu hitam ini hidup di daerah-daerah berhutan dan belakangan ini terlihat pengurangan habitat di seluruh negara bagian. Beruang ini termasuk daftar spesies terancam karena sejumlah faktor, tetapi sebagian besar kecelakaan kendaraan bermotor telah menjadi penyebab sekitar 89,5% kematian sejak tahun 1994. Perburuan hewan ini dilarang pada tahun 1994 untuk lebih melindungi populasi beruang Florida.

3. Beruang Hitam Amerika


     Beruang hitam Amerika (Ursus americanus) adalah spesies beruang yang paling umum dan terkecil dari Amerika Utara. Beruang hitam merupakan omnivora (pemakan daging dan tumbuhan). Beruang hitam biasanya hidup di daerah hutan, tapi tidak meninggalkan hutan untuk mencari makanan. Kadang-kadang mereka tertarik dengan kegiatan manusia bila kekurangan makanan. Beruang hitam Amerika terdaftar oleh IUCN sebagai satwa berisiko rendah, karena spesies ini memiliki populasi global besar dan banyaknya diperkirakan dua kali lipat dari semua spesies beruang lainnya bila digabungkan.

4. Beruang Cokelat Siberia


   Beruang cokelat Siberia (Ursus arctos collaris) adalah subspesies beruang cokelat yang melingkupi timur Siberia (Rusia), mulai dari sungai Yenisei, sejauh Trans-Baikaliya, dataran Stanovoy, Sungai Lena, Kolyma dan umumnya seluruh Yakutia dan Pegunungan Altai. Subspesies ini juga terdapat di utara Mongolia.

5. Beruang Cokelat Himalaya


     Beruang cokelat Himalaya (Ursus arctos isabellinus), juga dikenal sebagai Beruang Merah Himalaya, Beruang Isabelline atau Dzu-Teh, adalahsubspesies dari beruang cokelat. Beruang ini (sebagai Dzu-Teh) dianggap menjadi sumber legenda Yeti. Beruang ini ditemukan di India, Pakistan, Nepal dan Tibet. Mereka diduga telah punah di Bhutan.

6. Beruang Balochistan


     Beruang Balochistan, juga disebut sebagai Beruang hitam Pakistan (Ursus thibetanus gedrosianus) adalah subspesies dari Beruang hitam Asia yang ditemukan di Pegunungan Baluchistan di selatan Pakistan dan Iran. Balochistan adalah nama tua yang digunakan untuk Pakistan, tapi beruang ini ditemukan setelah nama Balochistan diubah ke Pakistan. Beruang ini memiliki mantel yang sangat tipis untuk seekor beruang hitam Asia, namun beruang ini sering ditemukan di iklim hangat dibandingkan sebagian besar subspesies lainnya, yang ditemukan di Pegunungan Himalaya yang jauh lebih dingin. Beruang ini lebih bersifat pemakan buah daripada subspesies lain, dan menyukai buah ara dan pisang.

7. Beruang Hitam Asia


     Beruang-hitam asia (Ursus thibetanus), juga dikenal sebagai beruang bulan adalah spesies beruang berukuran sedang, sebagian besar beradaptasi dalam kehidupan arboreal, dan terdapat di selatan Asia, Korea , timur laut Cina, Timur Jauh Rusia, Honshudan Shikoku, Jepang. Beruang ini digolongkan IUCN sebagai spesies rentan, terutama disebabkan oleh deforestasi dan perburuan aktif untuk diambil bagian tubuhnya. Secara morfologi, spesies ini sangat mirip dengan beberapa beruang prasejarah dan dianggap oleh beberapa ilmuwan sebagai nenek moyang dari spesies beruang lain yang masih ada. Meskipun sebagian besar herbivora, beruang hitam Asia bisa sangat agresif terhadap manusia.

Semoga mereka tetap lestari dan bisa dilihat oleh anak cucu kita ya..

Previous
Next Post »