9 Mitologi Kuda Putih dari berbagai Bangsa

     Kuda putih memiliki signifikansi khusus dalam mitologi, agama, dan kebudayaan di seluruh penjuru dunia. Kuda putih sering dikaitkan dengan kereta perang matahari, pahlawan prajurit, kesuburan, juru selamat kiamat, serta beberapa interpretasi lainnya. Berikut ini adalah 9 mitologi tentang Kuda Putih dari berbagai bangsa di dunia...

1. Suku Indian


     Dalam mitologi suku Indian Kaki Hitam atau Niits�tapi, dewa salju dan es, Aisoyimstan, memiliki wujud seorang pria berwarna putih dengan rambut putih dan berpakaian putih serta menunggangi seekor kuda putih.

2. Bangsa Kelt


     Dalam mitologi Kelt, Rhiannon, seorang tokoh dalam kumpulan legenda Mabinogion, menunggangi seekor kuda "putih pucat". Oleh karena itu, ia dikaitkan dengan dewi kuda kesuburan Romawi Kelt. Epona serta dengan pemujaan kuda dalam kebudayaan India-Eropa awal.

     Dalam cerita rakyat Skotlandia, kelpie atau each uisge, iblis air supranatural mematikan yang memiliki bentuk mirip kuda, terkadang digambarkan berwarna putih, meskipun dalam beberapa cerita disebutkan berwarna hitam.

3. Nordik


     Dalam mitologi Nordik, Sleipnir adalah kuda berkaki enam anak dari Loki dan Svadilfari. Penunggang Sleipnir adalah dewa Odin, pemimpin para dewa, dan Odin sering menunggangi Sleipnir untuk pergi ke Hel, alam arwah. Sleipnir disebut sebagai kuda terbaik yang pernah ada dan digambarkan berwarna abu-abu. Sleipnir juga merupakan leluhur dari kuda abu-abu lainnya, yakni Grani, milik pahlawan Sigurd.

4. Iran


     Dalam Zoroastrianisme, salah satu dari tiga representasi Tishtrya, hipostasis dari bintang Sirius, adalah kuda putih jantan (dua lainnya adalah pria muda dan banteng). Sang dewa memakai wujud ini selama 10 hari terakhir pada tiap bulan dalam kalender Zoroaster, dan juga dalam pertarungan kosmogoni memperebutkan kendali atas hujan. Dalam kisah ini, yang terdapat dalam himne Avesta kepada Tishtrya, sang dewa melawan, iblis kemarau, yang muncul dalam wujud kuda hitam jantan.

5. Korea


     Diceritakan bahwa pada tahun 69 SM, para kepala suku dari enam kesukuan sedang bermusyawarah untuk membentuk suatu kerajaan dan memilih seorang raja. Di hutan, di sebuah sumur yang disebut Najeong di Yangsan, tiba-tiba suatu kilatan cahaya aneh muncul dari langit, dan di tempat tersebut nampak seekor kuda putih yang sedang membungkuk. Kepala suku Sobeolgong dari desa Goheo menemukan sebutir telur besar di sana. Kuda putihnya lalu tebang kembali ke langit, dan setelah itu telurnya menetas mengeluarkan seorang bocah lelaki yang bercahaya. Sang bocah dinamai Hyeokgeose. Di kemudian hari dia berhasil menyatukan enam kesukuan itu dan mendirikan Kerajaan Silia.

6. Filipina


     Kota Pangantucan di Filipina memiliki simbol berupa kuda putih jantan. Menurut legenda, kuda tersebut menyelamatkan suku kuno di tempat tersebut dari para perampok Manabo. Sang kuda menumbangkan pohon-pohon bambu untuk memperingatkan tuannya, datu suku tersebut, mengenai kedatangan musuh. Dengan demikian, suku tersebut selamat dari pembantaian para perampok.

7. Vietnam


     Kota Hanoi menghormati seekor kuda putih sebagai roh pelindung. Di kota tersebut terdapat kuil untuk memuja roh sang kuda putih, yang disebut Kuil Bach Ma ("Kuil Kuda Putih"). Pada abad ke-11, raja Ly Cong Uan (dikenal pula sebagai Ly Thai To) memperoleh bayangan mengenai seekor kuda putih yang melambangkan sungai roh, yang menunjukan kepadanya dimana harus membangun citadelnya

8. Slavia


     Dalam mitologi Slavia, dewa perang dan kesuburan Svantovit memiliki seekor kuda putih jantan yang ditempatkan di kuilnya dan dijaga oleh para pendeta. Svantevit menunggangi kuda ini dalam pertempuran. Kuda itu juga digunakan untuk meramal. Sejarawan Saxo Grammaticus, dalam suatu uraian yang mirip dengan uraian Tacitus seabad sebelumnya, mengatakan bahwa pendeta mencari pertanda masa depan dengan cara menuntun kuda itu di antara serangkaian pagar dan melihat kaki kuda yang mana, kanan atau kiri, yang melangkah pertama kali di tiap baris.

9. Yunani


     Dalam mitologi Yunani, kuda putih bersayap, Pegasus, adalah putra Poseidon dan Gorgon Medusa Poseidon sendiri adalah pencipta kuda. Ia membuat kuda dari gulungan ombak ketika ditantang untuk membuat hewan darat terindah. Pegasus merupakan kuda putih yang paling terkenal.

Previous
Next Post »