Hewan-hewan yang sangat mirip dengan Kangguru!

     Kalian pernah melihat hewan lompat-lompat? punya kantung? kakinya panjang? ekornya juga panjang? yaps pasti kalian menyebutnya kangguru. Ternyata tak hanya kangguru yang memiliki ciri seperti itu, banyak hewan2 yang mirip dengan kangguru di australia, seperti yang ini ni..

1. Walabi


     Walabi memang sangat mirip dengan kangguru, mungkin hanya ukuranya saja yang membedakanya, hewan ini menghuni hutan di Australia. Nama walabi manucul dari Suku Aborogin Eora yang merupakan penghuni asli daerah Sydney. Walabi muda dikenaal sebagai "joey", seperti banyak marsupialia (hewan berkantung) lain.

2. Kangguru Pohon


     Kanguru ternyata tidak hanya terdapat di Australia saja. Ternyata di Indonesia, tepatnya di Papua, juga memiliki Kangguru, spesies yang mempunyai ciri khas kantung di perutnya (Marsupialia). Kanguru Papua ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kanguru Australia. Sayangnya Kanguru yang terdiri atas Kanguru tanah dan Kanguru pohon ini mulai langka sehingga termasuk binatang (satwa) Indonesia yang dilindungi dari kepunahan.

3. Wallaroo


     Wallaroo adalah hewan dari Australia seperti halnya kangguru tapi ukurannya lebih keci dan lebih besar dari wallabies. Nama "wallaroo" adalah campuran dari wallaby dan kangguru (en:kangaroo). Kebanyakan wallaroo lebih kecil dari kangguru, dan dapat ditemukan di negara bagian rocky. Wallaroo sendiri artinya "kangguru kecil"!!.

Previous
Next Post »