4 Bangunan Paling Menakjubkan di Bangladesh

     Bangladesh memang terkenal sebagai negara miskin dan terbelakang.. eitsss jangan salah, meskipun begitu, di bangladesh terdapat banyak bangunan menakjubkan,, berikut diantaranya..

1. Somapura Mahavihara


     Somapura Mahavihara adalah wihara Buddha yang merupakan situs arkeologis penting di Bangladesh. Wihara ini merupakan vihara Buddha terbesar di Asia Selatan dan ini didirikan oleh Dharmapala dari Benggala. Wihara ini diangkat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985.

2. Bashundhara City


     Bashundhara City adalah mall yang terletak di Panthapath,Dhaka, Bangladesh, dengan arsitektur bergaya rotunda. Bashundhara City merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Asia Selatan, dan terbesar ke-12 di dunia. Dibuka pada 6 Agustus 2004, Bashundhara City terdiri dari 21 lantai, dengan 8 lantai digunakan untuk mall dan sisanya untuk perkantoran.

     Lebih dari 25.000 orang mengunjungi mall ini setiap harinya. Arsitek Bashundhara City adalah Mustapha Khalid Palash dan Mohammad Foyez Ullah of Vistaara. Pembangunan Bashundhara City dimulai sejak tahun 1998 dan menghabiskan biaya sebesar $100

3. Jatiyo Sangsad Bhaban 


     Jatiyo Sangsad Bhaban adalah gedung parlemen Bangladesh, terletak di ibukota Dhaka. Gedung ini didesain oleh arsitek Louis I. Kahn dan merupakan salah satu kompleks legislatif terbesar di dunia

4. Jembatan Jamuna


     Jembatan Bangabandhu, juga disebut Jembatan Jamuna Multi-guna adalah jembatan yang mulai dibuka di Bangladesh pada bulan Juni 1998 ini menghubungkan Bhuapur di tepi timur Sungai Jamuna ke Sirajganj di tepi barat. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ke-92 di dunia dan terpanjang ke-5 di Asia Selatan. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Jamuna, salah satu dari tiga sungai utama di Bangladesh.

Previous
Next Post »