Orang-orang Terkenal ini ternyata memiliki darah Minangkabau

     Minang merupakan salah satu suku bangsa besar di Indonesia, tentu juga memiliki warga yang banyak. Tapi kita mungkin tak akan pernah menyangka kalau orang-orang terkenal dibawah ini memiliki darah minang. Langsung saja ya....

1. Yusof Ishak



     Beliau adalah Presiden Singapura yang pertama (1965-1970) dan sampai sekarang satu-satunya yang keturunan Minangkabau dan Melayu. Lahir di Perak, Negeri-Negeri Melayu Bersekutu dengan ayah keturunan Minangkabau dan ibu berdarah Melayu, Yusof merupakan anak sulung dalam sebuah keluarga beranggotakan sembilan orang.

2. Fatmawati


     Ia menjadi Ibu Negara Indonesia pertama dari tahun 1945 hingga tahun 1967 dan merupakan istri ke-3 dari Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Ia juga dikenal akan jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Fatmawati lahir dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah. Orang tuanya merupakan keturunan Puti Indrapura, salah seorang keluarga raja dariKesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

3. Cut Nyak Dien


Cut Nyak Dhien yang merupakan Pahlawan Nasional Indonesia asal Aceh ini dilahirkan dari keluarga bangsawan yang taat beragama di Aceh Besar, wilayah VI Mukim pada tahun 1848. Ayahnya bernama Teuku Nanta Seutia, seorang uleebalang VI Mukim, yang juga merupakan keturunan Datuk Makhudum Sati, perantau dari Minangkabau. Datuk Makhudum Sati mungkin datang ke Aceh pada abad ke 18 ketika kesultanan Aceh diperintah oleh Sultan Jamalul Badrul Munir. Oleh sebab itu, Ayah dari Cut Nyak Dhien merupakan keturunan Minangkabau. Ibu Cut Nyak Dhien adalah putri uleebalang Lampagar.

4. Syamsir Alam

     Ia lahir di Koto Agam, Sumatera Barat. Saat ini ia bermain untuk salah satu klub MLS, DC United. Syamsir adalah lulusan dari SSB DEPOK saat itu pemilik SSB AS IOP yaitu mendiang Ronny Pattinasaranny datang untuk mengunjungi SSB yang di sponsorinya itu (SSB DEPOK), dia terkagum dengan skill Syamsir Alam akhirnya memutuskan untuk membawanya ke SSB AS IOP, SSB yang didirikan oleh mendiang Ronny Pattinasarani. Syamsir pernah mengikuti Piala Dunia U-11 Danone bersama Makassar FC yang mewakili Indonesia. Ia juga sempat mengikuti tes bersama tim junior dari Belanda, Vitesse Arnhem dan Heerenveen, tapi sayang gagal. di kompetisi Liga U-17 Quinta Division 2008 ia menjadi top skor dari tim SAD Indonesia dengan mengemas 15 gol dari 29 laga yang dilakoninya.

5. Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi

     Siapa sangka ada orang indonesia yang pernah menjadi Imam Masjidil Haram, yap ia adalah Syaikh Ahmad Khatib Al-Minagkabawi. Beliau adalah ulama besar Indonesia yang pernah menjadi imam, khatib dan guru besar di Masjidil Haram, sekaligus Mufti Mazhab Syafi'i pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Dia memiliki peranan penting di Mekkah al Mukarramah dan di sana menjadi guru para ulama Indonesia. Dilihat dari namanya saja sudah dapat ditebak kalau beliau adalah orang minang. Kealiman Syaikhul Ahmad Khatib Rahimahullah dibuktikan dengan diangkatnya beliau menjadi imam dan khathib sekaligus staf pengajar di Masjid Al Haram. Jabatan sebagai imam dan khathib bukanlah jabatan yang mudah diperoleh. Jabatan ini hanya diperuntukkan orang-orang yang memiliki keilmuan yang tinggi.

Sumber: id.wikipedia.org
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
SuaroMinang
AUTHOR
11 Maret 2017 pukul 03.12 delete

Banga jadi urang minang :)

Reply
avatar