10 Alasan Mengapa Jerman Tergolong Sebagai Negara Maju

     Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. ?Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. ?Dengan luas 357.021 kilometer persegi (kira-kira 2,5 kali pulau Jawa) dan penduduk sekitar 82 juta jiwa, negara dengan 16 negara bagian ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa. Mari kita lihat mengapa Jerman digolongkan sebagai negara maju...

1. Ekonomi


?     Jerman adalah negara dengan ekonomi terbesar di Eropa, PDB terbesar keempat dunia, dan pendapatan nasional bruto terbesar kelima dunia tahun 2008. Sejak era industrialisasi dan kapitalisme industri, negara ini berhasil menjadi motor, inovator, dan pengglobal ekonomi. Jerman adalah eksportir terbesar kedua dunia pada tahun 2011 dengan nilai 1,409 triliun dolar AS.

2. Pendapatan Perkapita


     ?Pendapatan perkapita masyarakat jerman yaitu Rp 521.070.725/tahun atau setara dengan Rp 43 juta/bulan. Hal ini menjadikan jerman sebagai Negara dengan pendapatan perkapita terbesar ke-4 di dunia.

3. Sains dan Teknologi


     Pencapaian Jerman di bidang sains mempunyai pengaruh signifikan bagi perkembangan dunia. Penghargaan Nobel telah diberikan pada 103 orang Jerman. Para peneliti Jerman banyak mendapatkan Nobel di bidang sains, antara lain Fisika, Kimia, dan fisiologi atau kedokteran. Jerman juga menjadi negara dari banyak penemu dan insinyur, seperti Johannes Gutenberg (penemu mesin cetak), dan Konrad Zuse (pembuat komputer digital otomatis pertama). Jerman juga merupakan kampung halaman ilmuwan paling terkenal di dunia yaitu Albert Einstein.

4. Transportasi


     ?Dengan posisinya yang berada di tengah Eropa, Jerman merupakan penghubung transportasi. Hal ini dapat dilihat dari jaringan transportasinya yang begitu rumit dan modern. Jaringan jalan tol adalah jaringan tol terpanjang ketiga di dunia dan terkenal karena tidak memiliki batas kecepatan. Jerman juga mempunyai jalur kereta api cepat. Jaringan Inter City Express atau ICE melayani kota-kota besar di Jerman beserta destinasi di negara-negara tetangga dengan kecepatan sampai 300 km/jam.

5. Sektor Ekonomi


     ?Jerman adalah Negara dengan ekonomi terbesar dan terkuat di eropa. Sektor jasa berkontribusi terhadap 71% total PDB, industri 28%, dan pertanian 1%.

6. Usia Harapan Hidup


     Rata-rata angka harapan hidup untuk laki-laki adalah 77,8 tahun, sedangkan untuk wanita adalah 82,4 tahun, dan rata-rata keseluruhanya adalah 80 tahun.

7. Tingkat Pengangguran


     Tingkat pengangguran rata-rata negara ini (Mei 2012) adalah 6,7%. Tingkat pengangguran resmi di negara ini juga memasukkan orang-orang bekerja paruh-waktu yang mencari pekerjaan penuh (full-time job). Tingkat pengangguran rata-rata tidak resmi negara ini sekitar 5.7% tahun 2011.

8. Pendidikan

http://www.abcgermanschool.com/
?     Lebih dari 99% penduduk Jerman usia 15 tahun ke atas bisa membaca dan menulis. Pendidikan tingkat taman kanak-kanak tersedia untuk semua anak umur 3-6 tahun, tapi tidak wajib. ?Setelah itu, anak mendapatkan pendidikan wajib untuk paling minimal 9 tahun. Lama pendidikan dasar di negara ini adalah berkisar 4-6 tahun.Berikutnya, pendidikan menengah tersedia dalam 3 macam: Gymnasium untuk mempersiapkan siswa menuju universitas, Realschule, dan Hauptschule untuk siswa sekolah kejuruan. Universitas-universitas Jerman dikenal internasional, dengan 6 universitas ada pada 100 besar dunia, dan 18 ada pada 200 besar dunia. Kebanyakan universitas di Jerman adalah universitas negeri, dengan uang kuliah hanya sekitar Rp 951.000 per semester. Maka, pendidikan menjadi terjangkau bagi hampir semua penduduk Jerman.

9. Demografi


     ?Dengan total penduduk sekitar 81,7 juta orang, Jerman adalah negara ke-15 terbanyak penduduknya di dunia. Sejak 2003 total penduduk Jerman berkurang secara lambat dengan pertumbuhan penduduknya 0.29%/tahun. Keengganan keluarga Jerman untuk memiliki anak dan naiknya angka kematian menjadi sebab rendahnya pertumbuhan penduduk.

10. Hasil Industri


     ?Dari 500 perusahaan terbesar di dunia (berdasarkan pendapatan) yang ditulis oleh Fortune Global 500, 37 diantaranya berkantor pusat di Jerman. Perusahaan-perusahaan Jerman yang terkenal seperti Volkswagen, Nivea, Siemens, Audi, Adidas, BMW, dan Mercedez Benz.

Previous
Next Post »