China, negara yang wilayahnya berbatasan dengan paling banyak negara di dunia

     Republik Rakyat China (RRC) adalah negara terbesar/terluas di wilayah Asia Timur, dan juga terluas ke-3 di dunia setelah Rusia dan Kanada. Negara ini mendapat predikat "negara yang wilayahnya berbatasan dengan paling banyak negara dibandingkan negara manapun di dunia". Nah mari kita lihat negara mana saja yang berbatasan denga China.


     Di sebelah Timur, China berbatasan langsung dengan Korea Utara, namun wilayah lautnya kemungkinan juga berbatasan dengan wilayah laut Korea Selatan dan Jepang.


     Di sebelah selatan, China berbatasan dengan 6 negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan yaitu Vietnam, Laos, Myanmar, Bhutan, Nepal, dan India.


     Di sebelah barat, China berbatasan dengan 2 negara di Asia Barat Daya dan 3 negara di Asia Tengah yang merupakan bekas Uni Sovyet yaitu Pakistan, Afganistan, Tajikistan, Kirgistan, dan Kazakhstan.


     Di sebelah utara, China berbatasan dengan 2 negara yaitu Mongolia dan Rusia. Nah, jika ditotal, china berbatasan dengan 14 negara, tak terbayang betapa luasnya ya.. Patut jika China diberi julukan "Longest Combined Land Border in The World" yaitu negara dengan garis batas wilayah terpanjang di dunia.

Previous
Next Post »