9 Software dan Sistem Operasi (OS) Karya Anak Bangsa

     Indonesia tak selalu kalah dalam bidang Teknologi dan Informasi dengan negara lain, buktinya kita dapat membuat berbagai macam software dan Sistem Operasi (OS) made in indonesia seperti yang berikut ini...

1. Love Indonesia (LI)



     Love Indonesia (LI) ini merupakan aplikasi gratis yang dirancang untuk smartphone yang menyediakan berbagai macam informasi mulai dari restoran, hotel, spa & beauty, shopping, gym, movie, direktori, olahraga, review merchant di Indonesia. Love Indonesia (LI) merupakan aplikasi asli buatan Indonesia yang telah memenangkan kompetisi sebagai Asia Pacific Regional Winner di BlackberryFund Super Apps Developer Challenge 2010.

2. Kanca Media Player

     Kanca Media Player adalah software gratis yang dapat memainkan hampir seluruh file-file musik dan video. Berawal dari pendirian Kancasoft pada tanggal 26 Desember 2010 oleh Mukhtori seorang mahasiswa AMIK BSI Purwokerto. Ide didirikannya Kancasoft berawal dari kekhawatiran dari pendirinya akan produk bangsa asing yang semakin menguasai Indonesia disegala bidang, termasuk dalam bidang Teknologi Informasi. Mukhtori berharap bisa ikut berperan dalam Revolusi Teknologi Indonesia. Kelebihan dari Kanca adalah aplikasi ini dirancang secara khusus untuk Warga Negara Indonesia. Konsep dalam pembuatan Kanca disesuaikan secara khusus dengan selera orang-orang Indonesia yang memang secara budaya, adat, kebiasaan, kondisi sosial dan geografis berbeda dengan bangsa lain. Kanca dinilai sangat bagus karena penggunaannya yang sangat mudah serta fitur-fiturnya yang sangat menarik dan selalu dikembangkan.

3. Singkong Linux

http://kubaat.files.wordpress.com
     Singkong Linux adalah sebuah sistem operasi Linux (distro Linux) berbasis Slackware buatan Indonesia. Pengembangnya yaitu Noprianto memilih nama Singkong untuk menunjukkan bahwa OS ini asli made in Indonesia.

4. Artav

http://en.blog.unikom.ac.id
     Artav adalah sebuah perangkat lunak antivirus buatan Indonesia. Artav dibuat oleh kakak beradik yang masih berstatus pelajar, yakni Arrival Dwi Sentosa dan Taufik Aditya Utama asal Kota Bandung

5. PCMedia Antivirus


     PCMedia AntiVirus (PCMAV) merupakan antivirus buatan PCMedia, sebuah majalah komputer Indonesia. Beroperasi dibawah sistem operasi Microsoft Windows (XP/Vista/7 keatas). PC Media Antivirus (PCMAV) sendiri bukan merupakan satu-satunya antivirus di Indonesia yang mempunyai formula atau teknologi khusus untuk mengatasi virus komputer yang menyebar luas di masyarakat, baik jenis lokal maupun mancanegara , akan tetapi sejauh ini PCMAV digadang-gadang dapat membersihkan infeksi terhadap secara akurat dan tuntas hingga pulih 100%.

6. XPS Annotator

XPS Annotator adalah dokumen manajemen software untuk Microsoft Windows yang mangijinkan pengguna untuk melihat (membaca, membuka), menganotasi, mengkonversi, menandatangani digital dan mencetak sebuah XPS dokumen. Lisensi dari XPS Annotator adalah freeware. Software pertama kali dirilis pada 12 Maret 2009 (versi 1.0). Program dibuat oleh Danang Probo Sayekti yang tinggal di desa Grabag, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

7. Smadav

http://mediafire-list.blogspot.com
     SmadAV ini merupakan Antivirus lokal gratis yang dikhususkan untuk mengatasi virus�virus lokal ataupun mancanegara yang menyebarluas diIndonesia. Smadav dapat digabungkan dengan hampir semua antivirus internasional. Setelah digabungkan, Smadav akan melindungi komputer Anda dari virus lokal dan antivirus internasional tersebut yang akan melindung Anda dari virus internasional secara keseluruhan. Nama SmadAV diambil dari nama singkatan sekolah penciptanya yaitu Zainuddin Nafarin, Smada (SMA 2) di Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah, sedangkan AV singkatan dari antivirus

8. Garuda OS


     Garuda OS adalah OS Linux buatan pengembang Indonesia yang mendukung penggunaan dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia), aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan program-program dari berbagai macam kategori. Bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi. Garuda OS ini mampu mendukung Instalasi software windows serta berbagai macam format dokumen yang populer dikalangan windows.

9. Domikado


     Domikado ialah aplikasi yang ditujukan untuk BlackBerry dan dikembangkan oleh PT. Domikado. PT Domikado, sebagai pemegang hak cipta aplikasi ini, bekerja sama dengan perusahaan Research In Motion (RIM) yang dikenal sebagai produsen telepon selular BlackBerry dan telah mendapat lisensi resmi dari RIM untuk mengembangkan aplikasi ini dalam produk BlackBerry. Oleh karena itu, Domikado dinobatkan sebagai aplikasi buatan Indonesia pertama yang menjadi anggota aliansi BlackBerry. Domikado ini bukan merupakan suatu permainan seperti yang ada dalam masyarakat Indonesia, namun Domikado ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan para pebisnis dalam mengakses informasi dan data-data terbaru mengenai kondisi pasar Indonesia pada saat yang bersamaaan (real-time) melalui telepon seluler mereka.

Previous
Next Post »