Hewan-hewan eksotis khas Dataran Tinggi Tibet

     Jika mendengar kata tibet, pasti yang ada dalam pikiran kita adalah gunung-gunung tinggi yang penih dengan salju, yap dataran tinggi tertinggi di dunia ini memang selalu diselimuti salju, namun ternyata ada banyak fauna yang tinggal disana yang tidak kita ketahui, nah ini dia fauna-fauna yang tinggal di dataran tinggi tibet...

1. Antelop Tibet

http://sunrise-pashmina.com
     Antelop Tibet adalah spesies antelop asli Dataran Tinggi Tibet dan hanya tersisa 75.000 ekor saja. Hewan ini hidup di ketingian 3250 m sampai 5500 m dimana salju dapat kita temukan dimanapun, hal inilah yang membuat antelop tibet harus menggali salju untuk menemukan makanan di tanah. Sekarang statusnya menjadi "endangered" karena sering diburu untuk dimanfaatkan kulitnya dan jidadikan barang-barang mewah yang mahal harganya.

2. Serigala Tibet

http://www.bhutanpurelandtravels.com
     Serigala ini tidak hanya bisa kita temukan di tibet, namun dapat juga dijumpai di Mongolia, Pakistan, Bhutan, Nepal, dan negara-negara di Asia Tengah. Hewan ini bukan hewan nokturnal (aktif di malam hari), namun ia sering beristirahat di siang hari dibawah terik sinar matahari. Statusnya masih "beresiko rendah" dan serigala ini diklaim lebih banyak menyerang manusia dibandingkan harimau, babi hutan, beruang, dan leopard yang digabungkan sekalipun, ngeri juga ya.

3. Rubah Pasir Tibet

http://www.canids.org
     Rubah Pasir Tibet hidup di ketinggian 3.500 m sampai dengan 5.200 m. Rubah ini kerap dijumpai sendiri dan tidak suka menggerombol, ia biasanya mencari mangsa sendirian. Namun uniknya, rubah ini sering bekerja sama dengan Beruang Coklat untuk memburu Pika (sejenis tikus). Dimana Beruang Cokelat yang akan menggali lubang rumah Pika di tanah, lalu si rubah pasir tibet akan menangkapnya ketika pika berusaha kabur.

4. Beruk Tibet

http://www.arkive.org
     Beruk merupakan spesies sejenis kera, di Tibet spesies ini hidup antara ketinggian 800-2500 m. Beruk yang tinggal di hutan Sub-tropis ini merupakan salah satu spesies kera terbesar di Asia. Ia membentuk suatu kelompok yang terdiri dari beberapa jantan da beberapa betina.

5. Katak Kona

http://calphotos.berkeley.edu
     Selain di tibet, katak ini juga terdapat di Bhutan dan India utara. Katak dengan nama latin Nanorana conaensis ini senang hidp di hutan sub-tropis dan juga sungai-sungai di Dataran Tinggi Tibet.

6. Beruang Tibet

http://shaggygod.proboards.com
     Beruang ini merupakan salah satu spesies dari Beruang Coklat. Spesies ini merupakan salah satu yang paling langka di dunia. Orang asli tibet menyebutnya dengan Dom Gyamuk, bentuknya yang besar dan habitatnya di wilayah bersalju membuatnya sering dihubung-hubungkan dan disalah persepsikan dengan Legenda Yeti, yaitu manusia salju raksasa yang hidup di Pegunungan Himalaya.

Previous
Next Post »