Bola-bola yang dipakai dalam Piala Dunia dari tahun ke tahun

     Setiap ada perhelatan akbar Piala Dunia, FIFA akan mengeluarkan satu bola resmi yang akan dipakai dalam seluruh pertandingan, inilah bola-bola yang dipakai dalam Piala Dunia dari tahun ke tahun...

1. Telstar


     Telstar adalah bola sepak yang diproduksi oleh Adidas untuk Piala Dunia 1970 di Meksiko. Edisi lain dari bola ini ialah Telstar Durlastatau dengan nama lain Chile Durlast yang merupakan bola resmi Piala Dunia 1974 di Jerman Barat. Desain bola ini terinspirasi dari satelit Telstar, satelit komunikasi pertama di dunia.

2. Tango Durlast


     Tango Durlast adalah bola sepak resmi untuk perhelatan Piala Dunia 1978 di Argentina. Seperti bola-bola sebelumnya, bola ini dibuat dari kulit asli dengan lapisan anti-air yang mengilap.

3. Tango Espana


     Tango Espa�a adalah bola sepak resmi pada Piala Dunia 1982 di Spanyol. Bola ini merupakan bola kulit terakhir yang dimainkan di Piala Dunia karena di perhelatan berikutnya sudah memakai bola berkulit sintetis. Bola ini telah meningkatkan kualitas ketahanan air melalui lapisan karet. Bola ini tidak begitu tahan dan mengakibatkan bola harus diganti beberapa kali selama beberapa permainan.

4. Azteca


     Azteca adalah bola sepak resmi dalam Piala Dunia 1986 di Meksiko. Bola ini merupakan bola pertama di Piala Dunia yang berbahan sintetis. Desainnya terinspirasi dari desain suku asli tuan rumah, yaitu suku Aztek, dari arsitektur hingga lukisan dindingnya.

5. Etrusco Unico


     Etrusco Unico adalah bola sepak yang dibuat oleh adidas pada tahun 1990an. Bola ini adalah bola resmi Piala Dunia 1990 di Italia dan Piala Eropa 1992 di Swedia. Nama dan desain yang rumit mengambil inspirasi dari sejarah kuno Italia dan seni halus dari Etruria. Tiga kepala singa Etruscan menghiasi setiap 20 tiga serangkai Tango.

6. Questra


     Bola pertama dalam grup Questra dibuat untuk menjadi bola resmi Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat dengan nama "Questra". Karena popularitasnya, pada tahun 1996, diluncurkan dua edisi turunan dari Questra. Yaitu "Questra Europa" sebagai bola resmi Piala Eropa 1996 di Inggris, dan "Questra Olympia" sebagai bola resmi cabang sepak bola dalam Olimpiade 1996. Versi terakhir Questra dinamakan "Questra Apollo", yang digunakan dalam turnamen La Liga dan untuk Tim nasional sepak bola Spanyol pada tahun 1996-97.

7. Tricolore


     Tricolore merupakan bola resmi Piala Dunia 1998 di Perancis. Uniknya bola ini merupakan bola adidas dalam Piala Dunia pertama yang diproduksi di luar negara-negara Eropa, karena diproduksi di Maroko dan Majalengka, Indonesia!, sejak pembuatan Adidas Telstar pada tahun 1970.

8. Fevernova


     Fevernova adalah bola sepak resmi untuk ajang Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang yang diproduksi oleh adidas. Desain bola ini terinspirasi dari desain bola sepak adidas terdahulu yaitu adidas Tango.

9. Teamgeist


     Teamgeist adalah bola sepak resmi Piala Dunia 2006. "Teamgeist" adalah bahasa Jerman untuk "semangat tim". Oleh beberapa pemain, bola ini dikritik karena terlalu ringan dan lebih sulit ditangkap penjaga gawang karena lebih mudah melengkung di udara. Berbeda dengan bola-bola Piala Dunia sebelumnya sejak tahun 1970, Teamgeist terbuat dari 14 panel yang direkatkan (bukan dijahit).

10. Jabulani


     Jabulani adalah bola resmi yang dipakai dalam pertandingan Piala Dunia 2010. Jabulani diciptakan oleh produsen olahraga Adidas lalu dikembangkan di Universitas Loughborough di Inggris, dan diresmikan di Cape Town, Afrika Selatan pada tanggal 4 Desember 2009. Dalam bahasa Zulu kata "jabulani" bermakna "bergembira" atau "membawa sukacita dan kebahagiaan". Sebuah versi warna emas berjudul Jo'bulani diatur untuk bermain di putaran Final Piala Dunia, sedangkan versi warna oranye Jabulani adalah yang di pergunakan pada saat kondisi cuaca atau lapangan bersalju.

11. Brazuca


     Brazuca adalah bola resmi yang akan dipakai dalam pertandingan Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Brasil. Bola ini dibuat oleh perusahaan Adidas, mitra dan Piala Dunia dalam memasok Bola Pertandingan Resmi sejak 1970. Brazuca adalah bola Piala Dunia pertama yang dinamai oleh penggemar.

Previous
Next Post »