Negara-negara yang berpisah dan akhirnya bersatu kembali

      Perang dingin yang terjadi berpuluh-puluh tahun lalu telah berakibat bagi banyak sekali hal, salah satunya yaitu berpisahnya suatu negara menjadi bagian komunis dan non-komunis. Berikut adalah negara-negara yang pernah berpisah dan akhirnya bersatu kembali atau yang sering dikenal dengan istilah Reunifikasi... cekidottt..

1. Jerman Barat & Jerman Timur


     Jerman Barat dan Timur telah resmi bersatu pada tanggal 3 Oktober 1990. Jerman terpecah menjadi Jerman Barat dan Timur setelah Perang Dunia II 1945 di mana Jerman dikuasai oleh Britania Raya, Perancis dan Amerika Serikat di sebelah barat dan Uni Soviet di bagian timur, kedua negara ini dipidahkan oleh tembok berlin yang sangat terkenal itu. Kedua belah pihak kemudian sepakat membentuk Jerman Barat dan Jerman Timur sebagai negara terpisah yang merdeka pada tahun 1949.

2. Vietnam Utara & Vietnam Selatan


     Vietnam utara didirikan oleh Ho Chi Minh dan diakui oleh Republik Rakyat Cina dan Uni Soviet pada 1950, negara ini berhaluan komunis. Sedangkan Vietnam selatan adalah negara anti-komunis yang diproklamasikan di Saigon oleh Ngo Dinh Diem dan mendapat dukungan dari AS. Setelah jatuhnya pemerintah Vietnam Selatan pada 30 April 1975, kedua negara ini secara resmi bersatu pada 2 Juli 1976 menjadi sebuah negara bernama Republik Sosialis Vietnam atau yang biasanya dikenal sebagai Vietnam.

3. Yaman Utara & Yaman Selatan


     Yaman Selatan adalah sebuah negara yang didirikan pada tahun 1967 di tempat yang kini adalah wilayah selatan negara Yaman. Yaman Selatan adalah satu-satunya negara komunis di Timur Tengah. Sedangkan di utara, Yaman bagian utara dinyatakan oleh Imam Yahya sebagai negara merdeka setelah jatuhnya Kerajaan Ottoman. Negara ini bernama Kerajaan Yaman. Kedua negara ini pada 22 Mei 1990 akhirnya menyatu menjadi satu negara dengan nama Republik Yaman.

Previous
Next Post »