Mengunjungi "Si Mata Besar" di Gurun Sahara

     Sudah lama ni gak posting, mimin baru aja selesai UN, doain aja ya dapet nilai 100 semua hehe. Langsung saja kali ini kita akan membahas fenomena unik di Durun Sahara. Dari atas ketinggian, struktur geologi yang unik ini menarik banyak perhatian para pilot yang melintas di atasnya. Namanya adalah Struktur Richat, sebuah struktur unik yang terletak di gurun Sahara, dekat Ouadane, Mauritania. 


 
    Struktur ini telah menjadi daya tarik awak pesawat luar angkasa sejak awal penjelajahan luar angkasa. Struktur unik ini memiliki formasi geologis yang unik karena jika dilihat dari orbit, struktur ini membentuk lingkaran di tengah gurun. 
 
http://strangesounds.org
     Dari ketinggian; struktur geologi ini berbentuk lingkaran dengan kedalaman yang semakin dalam di tengah-tengahnya, bentuknya yang unik serta warnanya yang indah membuatnya dijuluki "Mata-nya Gurun Sahara" atau "Eye of Sahara"
 
http://cdn.zmescience.com
     Awalnya struktur ini dianggap sebagai bekas tabrakan meteorit karena membentuk lingkaran sempurna, namun sekarang ini diperkirakan merupakan hasil aktivitas geologis. Beberapa penelitian memperkirakan bahwa warna biru pada struktur ini merupakan endapan sedimen yang telah ada selama jutaan tahun. Kalau lagi terbang di Gurun Sahara jagan lupa ya mampir kesini, haha.

Previous
Next Post »