Kejadian-kejadian paling mencengankan dalam sejarah Inggris

     Inggris memang selalu menciptakan hal-hal yang mencengangkan bagi dunia, tak hanya Revolusi Industri, namun masih banyak hal-hal menarik dan unik yang patut diketahui.... inilah beberapa peristiwa yang pasti kamu belum tahu kan?? makanya simak terus..

1. Pemberontakan Wat Tyler


     Adalah salah satu dari sejumlah pemberontakan populer di Eropa yang terjadi pada akhir abad pertengahan dan merupakan salah satu peristiwa besar dalam sejarah Inggris. Pemberontakan ini tidak hanya menjadi pemberontakan yang paling ekstrim dan luas dalam sejarah Inggris, tetapi juga pemberontakan abad pertengahan terbaik yang pernah didokumentasikan. Nama-nama para pemimpinnya seperti John Ball, Wat Tyler dan Jack Straw masih akrab dan sering muncul dalam budaya populer, meskipun sedikit yang diketahui tentang riwayat hidup mereka.

2. Wabah Besar London


     Wabah Besar London (1665-1666) adalah wabah penyakit di Kerajaan Inggris yang membunuh sekitar 100.000 orang, atau 20 persen penduduk London saat itu. Penyakit yang berjangkit diidentifikasi sebagai penyakit pes, yaitu infeksi oleh bakteri Yersinia pestis, yang ditularkan melalui kutu. Penyakit ini telah datang di Eropa 300 tahun sebelumnya dan dikenal sebagai "Maut Hitam" dan kembali tiap 10 tahun. Wabah Besar London merupakan wabah besar terakhir. Epidemi The 1665-1666 berskala jauh lebih kecil dibandingkan pandemi Maut Hitam sebelumnya, yang terjadi antara 1347-1353 di Eropa. Wabah tahun 1665 hanya dikenang sebagai "wabah besar" karena merupakan salah satu wabah terakhir di Ingggris.

3. Kebakaran Besar London


     Kebakaran Besar London adalah suatu peristiwa kebakaran hebat yang melanda kota London, pada hari Minggu, 2 September hingga hari Rabu, 5 September 1666. Kebakaran ini memusnahkan sebagian besar wilayah kota, namun tidak berhasil Istana Raja Charles II di Whitehall, dan sebagian besar kawasan kumuh di pinggiran kota. Kebakaran Besar London menghanguskan sekitar 13.200 rumah, 87 gereja paroki, 6 kapel. Sekitar 100.000 orang, atau seperenam penduduk London saat itu, kehilangan tempat tinggal karena peristiwa ini. Jumlah korban yang tewas akibat kebakaran ini tidak diketahui dan umumnya dianggap kecil, tercatat hanya enam kematian yang diverifikasi. Namun baru-baru ini muncul teori yang menyatakan bahwa kemungkinan ribuan kematian penduduk miskin dan kelas menengah tidak tercatat karena sebagian besar dari mereka telah hangus tanpa bisa dikenali.

4. Kabut Asap London '52


     Kabut Asap London '52 adalah suatu peristiwa polusi udara parah yang melanda Kota London, Inggris Desember 1952. Peristiwa ini terjadi pada musim dingin diakibatkan oleh cuaca dingin yang bercampur dengan fenomena meteorologi antisiklon dan kondisi cuaca yang berangin. Polusi udara sebagian besar berasal dari penggunaan batubara yang kemudian membentuk lapisan tebal kabut asap di langit kota. Peristiwa ini berlangsung dari hari Jumat, 5 Desember sampai hari Selasa, 9 Desember 1952, dan kemudian tersebar dengan cepat ke seluruh kota setelah perubahan cuaca.

5. Bom London 2005


     Bom London 2005 adalah serangkaian pengeboman yang terjadi di jaringan transportasi umum di London, Britania Raya pada pagi hari 7 Juli 2005 saat jam-jam padat. Korban jiwa mencapai setidaknya 56 orang. Empat ledakan terjadi di tiga jalur kereta api bawah tanah dan sebuah bus di pusat kota London. Keempat ledakan tersebut diperkirakan dilakukan oleh teroris dan terjadi tepat pada saat konferensi G8 dibuka di Skotlandia pada sore hari sehari sebelumnya. London juga kebetulan terpilih sebagai penyelenggara Olimpiade 2012 sehari sebelumnya. Motif tepatnya masih belum diketahui pasti.

     Kejadian ini merupakan serangan teroris terburuk kedua di Britania Raya pada masa pasca-Perang Dunia II sejak pengeboman pesawat Pan Am Penerbangan 103 pada tahun 1988 yang menelan sebanyak 270 korban jiwa.

Previous
Next Post »