10 Candi yang ada di Pulau Sumatera

     Tak hanya pulau Jawa yang punya banyak candi, sumatera juga punya, meskipun dengan bahan dasar yang berbeda dan ukuran yang berbeda pula, namun candi-candi di pulau sumatera tetap menawan dan memiliki nilai historis tinggi.. dan inilah 10 candi yag ada di pulau sumatera..



1. Candi Muara Takus


     Situs Candi Muara Takus adalah sebuah situs candi Buddha yang terletak di di Riau. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka. Para pakar purbakala belum dapat menentukan secara pasti kapan situs candi ini didirikan, namun candi ini dianggap telah ada pada zaman keemasan Sriwijaya, sehingga beberapa sejarahwan menganggap kawasan ini merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan Sriwijaya.

2. Cani Tanjungmedan


     Candi Tanjungmedan adalah sebuah situs purbakala yang terletak di Dusun Tanjungmedan, Sumatera Barat. Situs ini sudah lama diketahui keberadaannya oleh masyarakat sekitar, namun baru sekitar tahun 1990-an mulai pemugaran candi oleh pemerintah. Menurut perkiraan, candi ini adalah peninggalan kebudayaan Hindu atau Budha. Hal ini dikuatkan dengan penamaan tempat di mana candi itu berada yang disebut Biaro (biara, vihara). Penduduk sekitar candi saat ini semuanya beragama Islam dan tidak mengetahui sejarah candi ini.

3. Candi Muaro Jambi


     Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Sejak tahun 2009 Kompleks Candi Muaro Jambi telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

4. Candi Biaro Bahal


     Candi Bahal, Biaro Bahal, atau Candi Portibi adalah kompleks candi Buddha aliran Vajrayana yang terletak Sumatera Utara. Candi ini merupakan kompleks candi (dalam istilah setempat disebut biaro) yang terluas di provinsi Sumatera Utara, karena arealnya melingkupi kompleks Candi Bahal I, Bahal II dan Bahal III. 

5. Candi Lesung Batu


     Situs ini merupakan sebuah tinggalan budaya dari masa Hindhu-Budha di Indonesia. Candi tersebut terletak di perkebunan karet milik masyarakat yang saat ini masih produktif di Sumatera Selatan. Penelitian yang pernah dilakukan oleh Puslitarkenas, Balai Arkeologi Palembangserta Suaka Peninggalan Purbakala Jambi mengindikasikan bahwa candi dimaksud mempunyai latar belakang agama Hindhu. Kondisi Candi Lesung Batu saat ini masih berupa gundukan tanah yang dibagian permukaannya terdapat sebaran bata kuno. 

6. Candi Satu


     Candi dari bata ini berukuran sekitar 3,5 x 3,5 meter dan tengah dibangun kembali. Pekerja-pekerja menyusun bata-bata baru di atas susunan bata lama. Di tengahnya ada lubang berbentuk silang yang diisi dengan pasir. Penemuan logam di tubuh candi ini mirip dengan temuan di Situs Candi Muaro Jambi. Bedanya, di Candi Muaro Jambi, logam tersebut hanya berupa lempengan dan berisi tulisan mantra. Sedangkan di Candi Satu bentuknya berupa sebilah golok.

7. Candi Orang Kayo Hitam


     Candi ini terletak di Provinsi Jambi. Struktur bata kuno yang diduga merupakan reruntuhan bangunan candi ini telah cukup dilakukan pengumpulan data awal di tahun-tahun sebelumnya. Keberadaannya yang terletak tidak jauh dari lokasi Makam Orang Kayo Hitam cukup strategis secara dilihat dari faktor jumlah kunjungan.

8. Candi Bukik Awang Maombiak


     Candi Bukik Awang Maombiak Terletak di Kenagarian Siguntur Provinsi Sumatera Barat. Selain sebagai Detektor sejarah dari peradaban sungai Batang Hari ratusan tahun silam, candi tersebut juga merupakan salah satu tujuan wisata sejarah di Sumatera Barat, menurut data sejarah candi tersebut dibangun dari abad ke 7 hingga abad ke 15, ditemukan Arkeolog ada tahun 1985.


9. Candi Bumi Ayu


     Candi Bumi Ayu merupakan satu-satunya komplek percandian di Sumatera Selatan. Sampai saat ini terdapat 9 buah candi yang telah ditemukan dan 4 di antaranya telah dipugar, yaitu Candi 1, Candi 2, Candi 3 dan Candi 8. Kawasan Candi Bumi Ayu dikenal dengan situs candi-candi peninggalan Hindu dari aliran Siwa. Dari hasil penggalian para arkeolog, komplek Candi Bumi Ayu ini merupakan candi-candi Hindu terbesar di luar Jawa, dan dari penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa candi-candi ini merupakan tiruan Candi Prambanan di Jawa Tengah.

10. Gapura Sriwijaya


     Candi ini terletak di sumatera selatan, dan sedang dalam proses penelitian oleh Koordinator Tim Napak Tilas Gapura Kerajaan Sriwijaya. Mereka menjelaskan di situs Rimba Candi ini keseluruhannya berjumlah 9 gapura. Namun yang baru ditemukan baru tujuh gapura

     Kondisi seluruh gapura kerajaan Sriwijaya yang berada di situs Rimba Candi ini dalam keadaan roboh. faktor penyebab gapura tersebut roboh, kemungkinan diakbiatkan oleh faktor alam seperti gempa, erosi dan sebagainya.

Sumber: http://id.wikipedia.orghttp://warnainfo.blogspot.com
Previous
Next Post »