3 Candi yang ada di Pulau Kalimantan

     Pulau Kalimantan memang tak terlalu terkenal dalam peninggalan sejarah kerajaan Hindhu-Budha, nun disana terdapat beberapa kerajaan yang cukup masyur seperti Kutai, Negara Dipa, dan lain-lain, dan berikut beberapa diantaranya..

1. Candi Agung


     Candi ini terdapat di kawasan Sungai Malang, kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Candi ini diperkirakan peninggalan Kerajaan Negara Dipa yang dibangun oleh Empu Jatmika abad ke XIV Masehi yang keberadaannya sezaman dengan Kerajaan Majapahit.

2. Candi Tanjungpura


     Candi Tanjungpura terletak di desa Negeri Baru yang terkenal dengan nama benua lama, di Kec. Benua Kayong Kabupaten Ketapang. Letak Candi ini di pinggir sungai pawan. Nama Tanjungpura merupakan nama sementara, karena dari hasil penelitian belum diketahui.Candi Tanjungpura diduga sebagai pusat asal mula Kerajaan Tanjung Pura purba yang dahulu pernah berjaya pada abad ke 13-14. Melihat dari bentuk dan struktur candi yang terbuat dari bata merah ini , Candi Tanjungpura mirip dengan candi-candi yang ada di Jawa Timur. 

3. Candi Laras


     Candi Laras adalah situs candi berukuran kecil yang terdapat di desa Candi Laras, Provinsi Kalimantan Selatan yang ditemukan pada lokasi yang dinamakan penduduk dengan sebutan Tanah Tinggi. Pada situs candi ini ditemukan potongan-potongan arca Batara Guru memegang cupu, lembu Nandini dan lingga. Semuanya disimpan di Museum Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Situs purbakala Candi Laras ini diperkirakan dibangun pada 1300 Masehi oleh Jimutawahana, keturunan Dapunta Hyang dari kerajaan Sriwijaya. Jimutawahana inilah yang diperkirakan sebagai nenek moyang warga Tapin.


Previous
Next Post »