Mamalia-mamalia yang Bertelur

     Normalnya mamalia itu berkemban gbiak dengan melahirkan, namun anehnya ada beberapa jenis mamalia yang bertelur atau yang sering disebut Monotremata, berikut adalah mamalia yang tergolong sebagai Monotremata baik yang sudah punah maupun yang masih ada...

1. Platipus


     Hewan ini semi-akuatik dan banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Walaupun Platipus bertelur tapi ia tergolong ke dalam kelas Mammalia karena ia menyusui anaknya. Platipus juga sering dikenal dengan nama duck-billed Platypus atau Platypus berparuh bebek disebabkan bentuk paruhnya yang menyerupai bebek. Platipus termasuk binatang yang aneh dari kerajaan Animalia. Platipus memiliki paruh yang seperti bebek dan kaki berselaput.


2. Ekidna


     Satu-satunya hewan dari ordo Monotremata yang masih bertahan hidup selain platipus. Keempat spesies yang masih hidup, merupakan hewan asli Papua dan Australia, semuanya termasuk ke dalam famili Tachyglossidae. Ekidna dinamai berdasarkan nama monster dalam mitologi Yunani kuno.

3. Kollikodon (Punah)

     Kollikodon adalah spesies monotremata yang sudah punah. Fosilnya ditemukan di Lightning Ridge, New South Wales, Australia sama sepertiSteropodon.

     Sulit untuk menggambarkan Kollikodon itu seperti apa, tapi Kollikodon paling tidak akuatik. Hal ini bisa dipastikan dari bentuk giginya yang aneh, yang pasti berfungsi untuk menghancurkan kerang.

4. Obdurodon (Punah)


     Obdurodon terdiri atas tiga spesies. Obdurodon berbeda dari platipus modern sebab ia masih memiliki gigi (platipus modern tidak memiliki gigi).

5. Steropodon (Punah)

     Ia adalah mammalia bertelur yang hidup pada middle Albian stage, periode Lower Cretaceous. Ia juga adalah makhluk hidup yang paling dulu diketahui mirip platipus.

6. Teinolphos (Punah)


     Ia diketahui dari tulang rahang bawah yang ditemukan di Flat Rocks, Victoria,Australia. Ia hidup pada zaman Aprian dari Lower Cretaceous.

     Nama spesiesnya untuk menghormati seniman Peter Trusler. Dan nama genusnya, Teinolophos berarti extended ridge, menunjuk pada struktur giginya. Zaman mendekati 123 juta tahun membuatnya menjadi monotremata yang pertama kali diketahui. Gigi geraham bawahnya lebar, secara morfologi mirip dengan m2 Steropodon.

Previous
Next Post »