5 Piramida termegah dan terindah di Meksiko

     Tak hanya mesir yang punya piramida, meksiko pun punya banyak piramida yang merupakan peninggalan dari suku asli amerika selatan dan amerika latin seperti aztek, inca, maya, dan masih banyak lagi. Dan berikut ini adalah 5 piramida/kuil yang paling indah di Meksiko..

1. Piramida Agung Cholula


      Yang juga dikenal dengan nama Tlachihualtepetl (dalam bahasa Nahuatl berarti "gunung buatan"), adalah piramida (kuil) terbesar di Dunia Baru (Amerika). Piramida ini berdiri setinggi 55 m dan berukuran 400 x 400. Piramida Agung Cholula dibangun untuk menyembah dewaQuetzalcoatl. Gaya bangunnya mirip dengan Teotihuacan di Lembah Meksiko.

2. Teotihuacan


     Teotihuacan adalah situs arkeologi besar yang terletak di lembah Mexico, Mexico, dan melingkupi beberapa struktur piramida yang didirikan pada zaman pra-Colombus. Selain terdapat banyak bangunan piramida, situs Teotihuacan juga dahulu merupakan kompleks permukiman besar. Di situs ini juga ditemukan makam dengan lukisan-lukisan yang indah. Pembangunan kota Teotihuacan bermula sekitar 300 SM, dan mencapai masa keemasannya sekitar tahun 300-600 M. Pada mulanya, Teotihuacan mencakup 13 km� dan diperkirakan mempunyai penduduk melebihi 150.000 jiwa, kemungkinan hingga mencapai 200.000 jiwa. 

3. Chichen Itza


     Chichen Itza adalah suatu Situs Peradaban Maya di Meksiko pada abad 800 SM. Chichen Itza merupakan peninggalan arkeologi suku Maya yang paling lengkap serta masih terawat dengan baik. Situs peradaban Maya di Meksiko ini, pada 7 Juli 2007, terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia hasil pilihan 100 juta orang via email dan sms yang diadakan oleh Swiss Foundation.

4. Palenque


     Palenque (B�ak' dalam Maya Modern) adalah situs arkeologi Maya di dekat Sungai Usumacinta di negara bagian Chiapas, Meksiko, terletak 130 km sebelah selatan Ciudad del Carmen.

5. Uxmal


     Merupakan salah satu situs peninggalan peradaban Maya yang paling penting selain Chichen Itza. Situs ini terletak di wilayah Puuc, Meksiko.

     Tanggal pendirian situs ini masih belum pasti dan perkiraan jumlah penduduknya, yaitu 15.000 jiwa, merupakan perkiraan yang sangat kasar. Kemungkinan pembangunan gedung-gedung besar dilakukan saat Uxmal menjadi ibukota negeri Maya Klasik Akhir pada tahun 850-925. Menurut kronologi Maya sendiri, Uxmal didirikan pada tahun 500 oleh Hun Uitzil Chac Tutul Xiu.

Previous
Next Post »