6 negara fiktif dalam serial The Adventure of Tintin

     Bagi para pencinta Tintin, pasti tahu dong kalau tintin suka berpetualang ke berbagai penjuru dunia untuk memecahkan masalah dan mencari harta karun, dalam petualanganya tersebut ia banyak menjumpai negara-negara yang sengaja diciptakan oleh penulis Tintin, dan inilah beberapa dari banyak negara fiktif itu..


1. Borduria


     Negara ini terletak di Semenanjung Balkan dan berseteru dengan negara tetangganya yang juga fiktif Syldavia. Borduria diperlihatkan di buku Tongkat Raja Ottokar dan Penculikan Calculus, dan disebutkan dalam cerita Tintin dan Picaros. Dalam buku-buku komik ini, negara ini digambarkan seperti negara-negara Eropa Timur pada umumnya.

2. San Theodoros


     Menentukan dimana kira-kira negara fiktif ini digambarkan berada sangatlah sulit karena berbagai rujukan yang saling bertolak-belakang dalam buku-buku yang diterbitkan. Kelihatannya negara ini bisa terletak di bagian utara Amerika Selatan, kemungkinan besar berada di wilayah antara Kolombiaatau Venezuela, dengan kemungkinan lebih kecil di sekitar Bolivia. Pendapat ini diambil karena pegunungan yang terlihat di dalam buku tidak tampak sebagai bagian dari Pegunungan Andes yang lebih tinggi dan lebih berbatu.

3. Sao Rico


     Sebuah negara fiktif di Amerika Selatan, yang hanya ada dalam kisah komik terkenal Petualangan Tintin.

     Negara ini secara unik hanya ada di dalam kisah Bintang Misterius dari kisah komik Petualangan Tintin, dimana dalam kisah tersebut, disebutkan adanya tokoh bernama Bohlwinkel yang mempunyai bank besar di Sao Rico yang mendanai kapal musuh Tintin dalam perebutan untuk mendapatkan logam baru dari luar angkasa dalam kisah itu.

4. Syldavia


     Muncul di serial petualangan Tintin yang beribukota di Klow, sebelumnya adalah Zileheroum, di tempat sungai Moltus dan Wladir bersatu. Bahasa yang dipertuturkan adalah bahasa Syldavia. Kemungkinan besar negara ini terletak di sekitar Celje sebelah utara Slovenia. Penduduk Syldavia berjumlah 642.000 di mana 122.000 jiwa tinggal di Klow. Bendera negara ini mirip Albania.

5. Sondonesia!


    Dalam cerita Petualangan Tintin karya Herg�. Nama negara ini disebut di buku Penerbangan 714 dan cerita Tintin dan Alpha-Art.

     Dalam buku Penerbangan 714, pesawat jet milik Laszlo Carreidas, Carreidas 160, dibajak oleh pilot dan kopilot pesawat (Boehm dan Colombani) beserta sekretaris pribadi Carreidas, Spalding, ketika mereka (termasuk Tintin, Kapten Haddock, Profesor Calculus dan Snowy yang karena suatu kejadian akhirnya menumpang pesawat pribadi tersebut) sedang dalam perjalanan ke Sydney, Australia. Tintin dan teman-temannya tersebut bertemu dengan Laszlo Carreidas di Bandara Kemayoran, Jakarta, melalui teman lama mereka Piotr Skut (tokoh dalam Hiu-Hiu Laut Merah) yang menjadi pilot ketiga pesawat pribadi itu

6. Khemed


     Khemed sebenarnya adalah sebuah negara sungguhan yaitu Daerah Mandat Britania di Timur Tengah yang wilayahnya lalu dibagi menjadiIsrael/Palestina dan Yordania. Tetapi di kemudian hari, Herge ingin menghindari masalah karena isu ini sangat sensitif dan lalu merubahnya menjadi sebuah negara fiktif.

Previous
Next Post »