7 Masjid terindah di Rusia

     Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks , yakni sekitar 21 - 28 juta penduduk atau 15 - 20 persen dari sekitar 142 juta penduduk. Kehidupan Muslim di Rusia saat ini juga kian membaik dibanding masa Komunis dulu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rusia, pemimpin Rusia (Vladimir Putin) memasukkan menteri Muslim dalam kabinetnya dan mengakui eksistensi Muslim Rusia. Tak hayal jika di Rusia terdapat banyak masjid-masjid yang indah, seperti yang berikut ini..

1. Masjid Mukhtarov


     Masjid ini juga disebut sebagai Masjid Sunni, dan terletak di tepi sungai Terek di Vladikavkaz, Rusia. Masjid ini telah dilindungi sebagai landmarkbersejarah sejak 1934. Pada 1996,masjid ini rusak parah akibat sebuah ledakan.

2. Masjid Agung Makhachkala


     Masjid ini terletak di Dagestan, Rusia. Masjid ini dapat menampung hingga 17.000 jamaah. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1998. Masjid ini adalah titik utama dari jalan raya utama kota, yaitu Imam Shamil.

3. Masjid Nord Kamal


     Masjid Nord Kamal adalah masjid terbesar di kota Norilsk, Rusia. Masjid ini desain oleh arsitek lokal, Josef Muire, dengan dana yang disediakan oleh filantropis Inggris, Stephen Trantham.

4. Masjid Qolsarif


     Masjid ini terletak di Kazan adalah masjid terbesar di Rusia, dan Eropa. Sebenarnya, masjid ini dibangun di Kazan Kremlin pada abad ke-16. Dinamai setelah Qols�rif yang bekerja di sana. Qolsharif meninggal dengan sejumlah muridnya ketika mempertahankan Kazan dari pendudukan Rusia tahun 1552. Diketahui bahwa bangunan ini memiliki minaret, keduanya dalam bentuk cupola dan tenda. 

     Bentuknya tradisional untuk Volga Bulgaria, meskipun elemen Renaisans awal dan arsitektur Ottoman juga digunakan. Tahun 1552, selama penyerangan ke Kazan masjid ini dihancurkan oleh Rusia. Hari ini masjid tersebut menjadi Museum Islam. Pada waktu yang sama selama hari raya Islam ribuan orang berkumpul di sana untuk salat.

5. Masjid Saint Petersburg



     Ketika dibuka pada tahun 1913, masjid ini adalah masjid terbesar di Rusia, menaranya mencapai 49 meter dan kubahnya yang mengesankan memiliki tinggi 39 meter. Masjid ini terletak di pusat kota St Petersburg, sehingga kubah biru yang terlihat sangat jelas dari Jembatan Trinitas di Neva. Masjid Saint Petersburg apat menampung hingga lima ribu jamaah.

6. Masjid Akhmad Kadyrov


     Ini adalah salah satu masjid terbesar di Rusia dan secara resmi dikenal sebagai "The Heart of Chechnya" .Masjid ini dinamai Akhmad Kadyrov yang ditugaskan men-konstruksi masjid ini. Masjid ini memiliki menara setinggi 63 meter yang diadopsi dari model masjid di Turki.


7. Masjid Lala Tulpan


     Masjid ini dalam bahasa indonesia disebut juga "Bunga Tulip yang Mekar". Masjid ini memiliki 2 menara kembar setinggi 53 meter, dan merupakan menara masjid tertinggi ketiga di Rusia setelah Masjid Akhmad Kadyrov dan Masjid Qolsarif.

Previous
Next Post »