4 Spesies Harimau yang Telah Punah

     Harimau banyak dikenal karena keindahan bulu dan taringnya, sehingga mereka sering diburu oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Hal inilah yang menyebabkan mereka menjumpai kepunahanya. Dan berikut ini adalah 4 harimau yang telah punah...

1. Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica)


     Harimau ini dinyatakan punah di sekitar tahun 1980-an, akibat perburuan dan perkembangan lahan pertanian yang mengurangi habitat binatang ini secara drastis. Ada kemungkinan kepunahan ini terjadi di sekitar tahun 1950-anketika diperkirakan hanya tinggal 25 ekor jenis harimau ini. Sensus terakhir tentang keberadaan harimau jawa dilakukan selama 1 tahun, yaitu sejak tahun 1999-2000. Survey selama 12 bulan ini berlangsung di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur. Sebanyak 12 staf taman nasional dilatih dengan dibekali 20 unit kamera, selain itu juga mendapat bantuan dari yayasan "The Tiger Foundation" berupa 15 unit kamera infra merah dalam rangka memfasilitasi upaya sensus.

     Hasil sensus mengatakan: Tidak ada harimau jawa, hanya sedikit mangsa, banyak pemburu liar.

2. Harimau Kaspia (Panthera tigris virgata)


     Harimau Kaspia (Panthera tigris virgata) adalah jenis harimau yang hidup di wilayah paling barat dari subspesies harimau yang bisa ditemukan di Iran, Irak, Afganistan, Turki, Mongolia, Kazakhstan, Kaukasus, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan sampai ia menjadi punah pada akhir tahun 1950-an

3. Harimau Bali (Panthera tigris balica)


     Harimau ini adalah salah satu dari tiga sub-spesies harimau di Indonesia bersama dengan harimau Jawa (juga telah punah) dan harimau Sumatera (spesies terancam).

     Harimau ini adalah harimau terkecil dari ketiga sub-spesies; harimau terakhir ditembak pada tahun 1925, dan sub-spesies ini dinyatakan punah pada tanggal 27 September 1937. Sub-spesies ini punah karena kehilangan habitat dan perburuan.



4. Harimau Trinil (Panthera tigris trinilensis) - Masa Prasejarah


     Harimau Trinil adalah fosil harimau yang berusia 1.2 juta tahun yang lalu. Harimau ini ditemukan di Trinil, Jawa, Indonesia. Fosil tersebut masuk kedalam koleksi Dubois di Museum Sejarah Alam Nasional di Leiden, Belanda. Meskipun fosil tersebut ditemukan di Jawa, Harimau Trinil bukan nenek moyang langsung dari Harimau Jawa. Harimau Trinil diduga punah sekitar 50.000 tahun yang lalu.

Previous
Next Post »