10 Terusan terpanjang di Dunia

     Terusan sangat berguna bagi dunia pelayaran dunia, selain untuk jalur transportasi, terusan sangat berguna untuk menghemat waktu dan biaya dalam pelayaran sehingga jalur yang tadinya memutar suatu wilayah, sekarang kita bisa melewatinya dengan memotong wilayah tersebut... dan iniilah 10 terusan terpanjang di dunia....

1. Terusan Laut Putih-Baltik


     Terusan Laut Putih-Baltik di Rusia, 
panjang 141 mil (227 km), dibuka pada 1933, sebagian merupakan sungai yang dikonstruksi, kanal buatan dan danau. Selama pembangunanya, proyek ini menelan korban jiwa 12.000 pekerja.

2. Terusan Suez


     Terusan Suez (Qana al-Suways), di sebelah barat Semenanjung Sinai, merupakan terusan kapal sepanjang 163 km yang terletak di Mesir, menghubungkan Pelabuhan Said (Bur Sa'id) di Laut Tengah dengan Suez (al-Suways) di Laut Merah. Terusan Suez dibuka tahun 1870 dan dibangun atas prakarsa insinyur Perancis yang bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps.

     Terusan ini mengizinkan transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya kanal ini, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal dan membawa barang-barangnya lewat darat antara Laut Tengah dan Laut Merah. Terusan ini terdiri dari dua bagian, utara dan selatan Danau Great Bitter, menghubungkan Laut Tengah ke Teluk Suez

     Dalam era Perang Dunia I Terusan Suez yang saat itu berada di bawah kekuasan Inggris, diserang oleh pasukan Jerman dan Turki Ottoman. Posisi Suez yang sangat strategis, yaitu menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah, menjadikan terusan ini objek rebutan antara pasukan Sekutu dan Axis.

3. Terusan Volga-Don


     Terusan Volga-Don di Rusia, panjang 62 mil (100 km), dibuka pada 1952, menghubungkan Laut Hitam, Laut Azov dan Laut Kaspia.

4. Terusan Kiel


     Terusan Kiel adalah terusan sepanjang 98 kilometer di Schleswig-Holstein, Jerman, yang menghubungkan Laut Utara dengan Laut Baltik. Terusan ini memperpendek jarak sebesar 460 kilometer dan kapal-kapal tidak perlu memutar Semenanjung Jutlandia. Selain menghemat waktu, kapal juga dapat menghindari lautan yang sering dihantam badai.

5. Terusan Houston


    Terusan Houston di Amerika Serikat, panjang 56 mil (91 km), menghubungkan Houston, Texas dengan Teluk Meksiko.

6. Terusan Alphonse XIII


     Terusan Alphonse XIII di Spanyol, panjang 53 mil (85 km), dibuka pada 1926, menghubungkan Sevilla dan Teluk Cadiz.

7. Terusan Panama


     Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatanserta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujungselatan Amerika Selatan.

     Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul pada tahun 1500-an namun baru dibuka pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun.

8. Terusan Manchester


     Terusan Manchester di Inggris, panjang 35 mil (57 km), dibuka pada 1894, menghubungkan Manchester dengan Laut Irlandia.

9. Terusan Welland


     Terusan Welland di Kanada, panjang 28 mil (45 km), dibuka pada 1931, menghubungkan Laut Erie dengan Danau Ontario.

10. Terusan Saimaa


     Terusan Saimaa adalah terusan yang menghubungkan danau Saimaa dengan Teluk Finlandia dekat Vyborg, Rusia sepanjang 42,9 km. Terusan ini didirikan dari tahun 1845 hingga 1856 dan dibuka pada tanggal 7 September 1856. Terusan ini diperluas pada tahun 1963�1968.

Previous
Next Post »