Benda-benda unik peninggalan Kerajaan Majapahit

     Majapahit merupakan kerajaan terbesar yang pernah ada di indonesia, wilayahnya luas, teknologi canggih, dan berbagai keunggulan lainya menyebabkan kita bisa menemukan benda-benda unik yang tidak dapat kita temui dari peninggalan kerajaan yang lainya..

1. Celengan Majapahit


     Benda ini memang unik, meskipun ditemukan dalam bentuk pecahan, namun celengan (tempat menabung uang-jawa) ini berhasil disatukan kembali dan berbentuk babi. Celengan ini ditemukan di trowulan, Jawa Timur dan dipergunakan sekitar abad 14-15. Sekarang merupakan koleksi Museum Gajah, Jakarta.

2. Arca Emas

     Arca ini menggambarkan Bidadari Majapahit yang anggun. Arca cetakan emaspara ini (bidadari surgawi) gaya khas Majapahit menggambarkan dengan sempurna zaman kerajaan Majapahit sebagai "zaman keemasan" nusantara.

3. Terakota Wajah


     Banyak terakota ditemukan di wilayah majapahit, namun yang menarik adalah terakota yang dipercaya menggambarkan wujud asli dari Gajah Mada.

4. Surya Majapahit


     Surya Majapahit adalah lambang yang umumnya dapat ditemui di reruntuhan Majapahit, sehingga Surya Majapahit mungkin merupakan simbol kerajaan Majapahit. Lambang ini mengambil bentuk Matahari bersudut delapan dengan bagian lingkaran di tengah menampilkan dewa-dewa Hindu. lambang ini membentuk diagram kosmologi yang disinari jurai Matahari khas "Surya Majapahit"

5. Arca Pertapa Hindu


     Arca yang menggambarkan pertapa Hindu dari masa Majapahit akhir ini sekarang merupakan koleksi Museum f�r Indische Kunst, Berlin-Dahlem, Jerman.

6. Uang Gobog Majapahit


     Benda yang zaman dahulu ini pernah digunakan sebagai salah satu mata uang Kerajaan Majapahit ini terbuat dari tembaga. Di sisi depan terdapat relief berupa gambar wayang, alat-alat persenjataan berbentuk cakra, dan pohon beringin. Sedangkan di sisi belakang terdapat relief pohon, peralatan berbentuk senjata dan berbentuk sesaji.

Previous
Next Post »