3 Mercusuar paling terkenal di Indonesia

     Sebagai negara maritim indonesia pasti memiliki banyak mercusuar untuk memantau kondisi pelayaran dan memperingatkan nahkoda untuk tidak menabrak pantai, berikut ini adalah 3 mercusuar paling terkenal di indonesia...

1. Mercucuar Pulau Brueueh


Dulu
Sekarang
     Mercusuar Pulau Breueh adalah sebuah mercusuar yang terletak di Pulau Breueh, Aceh. Nama mercusuar ini Mercusuar Williems Torren III tapi karena letaknya berada di Pulau Breueh maka disebut dengan Mercusuar Pulau Breueh.

Sejarah
     Mercusuar ini dibuat atas hasil kerja sama antara Kerajaan Portugis dengan Kerajaan Aceh Darussalam yang dibangun pada tahun 1875. Letak yang jauh dari pemukiman warga membuat mercusuar ini tidak terawat dengan baik.

2. Mercusuar Sunda Kelapa

Dulu
Sekarang
     Mercusuar Sunda Kelapa dibangun sebelum tahun 1862. Menara ini berbentuk bulat, makin ke atas makin mengecil dengan bagian lampu di lantai puncaknya yang bertinggi 17 meter. Dahulu menara terlihat dari sangat jauh sekali, khususnya oleh pendatang dari kapal yang akan memasuki Batavia.

     Fungsi menara mercusuar ini sebagai petunjuk lalu lintas kapal di sekitar pelabuhan. Menara ini menggantikan posisi menara mercusuar yang ada sebelumnya (Menara Syahbandar) yang terletak di mulut Kali Ciliwung. Menara yang sangat diperlukan oleh kapal-kapal yang berlalu-lalang pada malam hari, berbentuk bulat dan makin ke atas, makin mengecil. Pada bagian badan, terdapat tiga buah lubang yang berfungsi sebagai ventilasi dan sekaligus sebagai jendela penerangan tangga yang ada di dalam tubuh menara. Pada abad ke-17 dan 19, selama 250 tahun, sebelum dibukanya Pelabuhan Tanjung Priok, Bandar Sunda Kelapa banyak didatangi armada dari mancanegara.

     Sekarang mercusuar yang tidak lagi berfungsi ini menjadi bagian dari kawasan industri Pelabuhan Muara Baru. Rumah dan gudang sudah dibongkar.

3. Mercusuar Tanjung Layar

Dulu
Sekarang
     Mercusuar Tanjung Layar adalah sebuah mercusuar yang terletak di Tanjung Layar, Kabupaten Lebak, Banten. Mercusuar berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Previous
Next Post »