4 Lautan dengan warna yang khas dan sejarah penamaanya

     Ada beberapa lautan di dunia yang menyandang nama berdasarkan warna airnya, sebenarnya bukan airnya yang menimbulkan warna, namun ada hal-hal yang menyebabkanya tampak memiliki warna tertentu.. seperti yang berikut ini...

1. Laut Merah


     Walaupun sering dikaitkan dengan berbagai cerita di masa lampau, namun sampai abad ke-20, orang Eropa menyebutnya "Teluk Arab", sedangkanHerodotus dan Ptolemeus menyebutnya "Arabicus Sinus". Air Laut Merah sendiri sebenarnya tidak beda dengan air laut yang lain.

     Penjelasan-penjelasan ilmiah menyebutkan bahwa warna merah di permukaan muncul akibat Trichodesmium erythraeum yang berkembang. Ada juga yang menjelaskan bahwa namanya berasal dari gunung yang kaya mineral di sekitarnya dan berwarna merah.

2. Laut Hitam


     Laut Hitam diperkirakan mendapat namanya karena lapisan hidrogen sulfida nya yang dimulai sekitar 200 meter di bawah permukaan laut, dan mendukung populasi mikroba yang unik yang menghasilkan sedimen hitam yang mungkin disebabkan oleh oksidasi anaerobik Metana.

     Penjelasan lain yang mungkin berasal dari warna perairan dalam Laut Hitam. Menjadi lebih ke utara dibandingkan dengan Laut Mediterania dan jauh lebih sedikit garam, konsentrasi mikroalga yang jauh lebih kaya, menyebabkan warna air menjadi gelap. Visibilitas atau jarak penglihatan di Laut Hitam adalah rata-rata sekitar lima meter (5.5 yd), sedangkan yang di Mediterania bisa sampai tiga puluh lima meter (38 yd).

3. Laut Kuning


     Laut Kuning mendapat namanya karena Sungai Kuning bermuara di sini dan setiap tahunnya membawa endapan lumpur dariGurun Gobi yang kuning menyebabkan laut ini berwarna kekuning-kuningan.

4. Laut Putih


     Laut Putih ialah sebuah laut yang terletak di Rusia bagian utara. Laut Putih ialah cerukan Laut Barents. Laut ini mendapatkan namanya karena hampir seluruh permukaanya terdapat lapisan es staupun bongkahan es yang mengambang, sehingga dari kejauhan tampak seperti lautan yang berwarna putiiiih bersih..


Previous
Next Post »