10 Hewan yang menjadi 'Artis" di kalangan Manusia

     Hewan dengan perilaku dan tingkah lakunya yang unik adalah hal yang sangat menarik perhatian manusia.. tak heran jika beberapa hewan bahkan menjadi artis yang sangat terkenal dikalangan manusia karena beberapa hal, seperti yang berikut ini..

1. Hachiko


     Ia terus dikenang sebagai lambang kesetiaan anjing terhadap majikan. Setelah majikannya meninggal, Hachiko terus menunggu majikannya yang tidak kunjung pulang di Stasiun Shibuya, Tokyo.

     Julukan baginya adalah Hachiko Anjing yang Setia. Patung Hachiko di depan Stasiun Shibuya telah menjadi salah satu marka tanah di Shibuya. Sewaktu membuat janji untuk bertemu di Shibuya, orang sering berjanji untuk bertemu di depan patung Hachiko.

2. Laika


      Adalah seekor anjing Rusia yang menjadi binatang pertama yang mengorbit Bumi serta makhluk hidup pertama yang tewas pada saat mengorbit. Pada masa itu, teknologi untuk mengorbit belum dikembangkan, sehingga tidak ada harapan untuk bertahan hidup. Hanya sedikit dampak penerbangan luar angkasa pada makhluk hidup yang diketahui sewaktu misi Laika dilakukan. Beberapa ilmuwan percaya bahwa manusia tidak akan mampu bertahan pada peluncuran maupun kondisi di luar angkasa, sehingga diadakan penerbangan untuk makhluk hidup bukan manusia sebagai awal penerbangan untuk manusia. Ia dipilih sebagai penumpang pesawat ruang angkasa Soviet Sputnik II yang diluncurkan ke luar angkasa pada 3 November 1957.

3. Muezza


     Muezza adalah kucing kesayangan dari Nabi Muhammad. Berdasarkan suatu riwayat, Nabi Muhammad terbangun mendengar suara Azan. Nabi Muhammad mempersiapkan diri dan berpakaian. Namun, Nabi Muhammad menemukan Muezza tidur beralaskan jubah beliau. Dibandingkan mengganggu tidur Muezza, Nabi Muhammad kemudian memotong sebagian jubahnya, meninggalkan Muezza tetap tidur; ketika Nabi Muhammad kembali dari salat, Nabi Muhammad menerima penghormatan dari Muezza sebagai tanda terima kasih. Kemudian Nabi Muhammad mengelus kucing kesayangannya sebanyak tiga kali. 

4. Paul si Gurita


     Adalah seekor gurita yang tinggal di sebuah akuarium di Sea Life Centres, Oberhausen, Jerman. Gurita ini mulai terkenal karena ia berhasil menebak seluruh pertandingan sepak bolakhususnya untuk Timnas Jerman di Piala Dunia FIFA 2010. Sejak Timnas Jerman kalah dari Spanyol, nama Paul semakin dikenal masyarakat dunia karena tebakannya selalu tepat. Namun, Paul pernah salah menebak pada pertandingan Final Euro 2008 antara Spanyol melawan Jerman. Paul memilih Jerman, namun akhirnya Spanyol memenanginya. Selain itu, pada babak penyisihan grup antara Jerman melawan Kroasia, ia memilih Jerman, namun hasilnya Kroasia memenangi pertandingan dengan skor 2-1.

5. Pigasus
 

     Pigasus adalah seekor babi yang merupakan kandidat Presiden Amerika Serikat (diajukan sebagai sindiran.. hahaha) dari Partai Pemuda Internasional (Yippie) dalam pilpres AS 1968 (yang dimenangkan oleh Richard Nixon). Nama babi ini merupakan pelesetan dari Pegasus, seekor kuda bersayap dalam Mitologi Yunani. Pencalonannya dipimpin oleh Abbie Hoffman dan Jerry Rubin, dan diumumkan selama protes massal saat Konvensi Nasional Partai Demokrat (AS) 1968 di Chicago, Amerika Serikat. Selanjutnya Pigasus juga ditampilkan dalam sebuah pawai di New York City. Setelah pilpres 1968, Pigasus bergabung dengan kelompok Hog Farm.

6. Domba Dolly


     Dolly  adalah mamalia pertama yang berhasil dikloning dari sel dewasa. Dia "lahir" di Institut Roslin, Skotlandia dan tinggal di sana hingga kematiannya pada usia 6 tahun. Kelahirannya diumumkan pada 22 Februari 1997.

     Penelitian membeberkan bahwa ketika Dolly lahir, ternyata dia usianya sudah beberapa tahun, sama dengan usia donor sel yang diperolehnya.

7. Alex si Bayan


     Adalah Bayan Abu-abu Afrika berusia tiga puluh tahun (1977-2007) yang merupakan bahan eksperimen psikolog hewan Irene Pepperberg, yang pada awalnya dilaksanakan di Universitas Arizona dan kemudian di Universitas Harvard dan Universitas Brandeis. Pepperberg membeli Alex di toko hewan peliharaan reguler saat masih berusia satu tahun. Nama Alex merupakan akronim dari Avian LearningEXperiment (Eksperimen Pendidikan Unggas). Dia juga menjelaskan bahwa Alex memiliki kecerdasan seperti pada manusia berusia lima tahun  dan tidak dapat mencapai potensinya secara penuh hingga dia mati.

8. Injaz


     Injaz adalah unta betina kloning pertama di dunia. Dr. Nisar Ahmad Wani di Pusat Reproduksi Unta di Dubai, Uni Emirat Arab, mengumumkan pada tanggal 14 April 2009 bahwa unta yang dikloning lahir dari proses gestasi selama 378 hari. Proyek kloning ini mendapat dukungan finansial dari Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab dan emir Dubai. Sebelumnya terdapat beberapa usaha dari Uni Emirat Arab untuk mengkloning unta yang tidak berhasil.

9. Michael


     Michael adalah seekor gorila jantan pertama yang bisa "berbicara". Kosa kata yang dikuasainya berjumlah lebih dari 600 isyarat dalam American Sign Language. Ia diajari bahasa isyarat oleh Koko, seekor gorila betina. Dr Francine Patterson dan staf-staf lain dari Stanford University. Michael yang merupakan gorila yatim piatu, menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di Woodside, California. Di sana, ia menjadi selebriti lokal dan pelukis yang cukup terkenal, yang melukis dalam gaya impresionisme menggunakan warna-warna cerah.

10. Ham


     Ham atau dikenal dengan nama Ham si simpanse, adalah hominid (kera) pertama yang ada di luar angkasa. Ham adalah singkatan untuk laboratorium yang mempersiapkannya untuk misi bersejarah ini, Holloman Aerospace Medical Center, yang terletak di New Mexico. Ham diluncurkan dari Bumi pada tanggal 31 Januari 1961 menggunakan kapsul Project Mercury MR-2. Ia mati pada tanggal 19 Januari 1983 dan dikuburkan di New Mexico Museum of Space History, Alamogordo, New Mexico.

Previous
Next Post »