7 Bangunan Indah Situs Warisan Dunia UNESCO di Iran

     Selama ini negeri iran terihat seperti tertutup, sehingga hal-hal yang ada di dalamnya jarang terekspose, namun alhamdulillah aku berhasil mengumpulkan bangunan2 keren ini, dan inilah bangunan-bangunan kuno di Iran yang dimasukkan dalam Warisan Dunia UNESCO..

1. Bam


     Terletak di selatan kota Kerman dan di utara Teluk Persia dan Teluk Oman, tingginya lebih kurang 1.100 meter dari permukaan laut.

     Bam dibangun di sekeliling benteng Arg-� Bam, sebuah struktur bangunan batu bata dan suatu Warisan Dunia UNESCO yang pernah menguasi Jalur Sutra selama 2.000 tahun lebih.

2. Arg-e Bam


     Arg-� Bam ("Benteng Bam") adalah bangunan adobe terbesar di dunia, terletak di Bam, sebuah kota diprovinsi Kerman di tenggara Iran. Terdaftar oleh UNESCO sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia "Bam dan Lanskap Budayanya".Benteng di Jalur Sutera ini dibangun sebelum 500 SM dan masih digunakan hingga 1850 M. Belum diketahui mengapa benteng ini kemudian ditinggalkan.

     Pada 26 Desember 2003, Benteng ini hampir seluruhnya hancur karena sebuah gempa bumi, bersama dengan sebagian besar Bam dan sekitarnya. Beberapa hari setelah gempa ini, Presiden Mohammad Khatami mengumumkan bahwa Benteng ini segera dibangun kembali.

3. Inskripsi Behistun


     Inskripsi Behistun adalah inskripsi (semacam prasasti) multibahasa yang terletak di Gunung Behistun, provinsi Kermanshah, Iran.

     Inskripsi ini berkisah mengenai otobiografi Darius yang Agung, antara pengangkatannya sebagai raja tahun 522 SM, hingga kematiannya pada 486 SM. Dalam inskripsi Behistun, Darius menyatakan dirinya berjaya dalam semua pertempuran selama periode pergolakan, dan menghubungkan keberhasilannya dengan "rahmat Ahura Mazda".

4. Jembatan Khaju


     Jembatan Khaju adalah salah satu jembatan yang paling terkenal di Isfahan, Iran yang dibangun kembali oleh Shah Abbas II berdasarkan pada dasar-dasar jembatan yang lama sekitar tahun 1650 yang mempunyai luas 23 m2 dengan panjang 105 meter dan lebar 14 meter.

5. Lapangan Naqsh e-Jehaan


     Lapangan Naqsh-e Jehaan terletak di pusat kota Isfahan ialah salah satu lapangan terbesar di dunia. Lapangan ini dikelilingi oleh bangunan peninggalan Shafawiyah. Masjid Syah terletak di sisi selatan lapangan ini. Di sisi barat lapangan ini terdapat Istana Ali Qapu. Masjid Syekh Luthfallah terletak di bagian timur lapangan ini dan di bagian utara terdapat Bazar Isfahan.

6. Pasargadae


     eitss... jangan dibaca pasar gede.. Pasargadae adalah kota di Persia kuno. Kota ini merupakan ibukota Koresh yang Agung (559-530 SM) dan juga merupakan tempat bersemayam beliau. Kini tempat ini merupakan situs arkeologi. Situs ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

7. Persepolis


     Adalah sebuah ibu kota kuna dari Kekaisaran Persia. Persepolis adalah terjemahan bahasa Yunani dari nama kota ini: ???s?? p???? (Perses polis: "Kota Persia"). Sisa terawal Persepolis berasal sekitar tahun 515 SM. Pada tahun 1979 UNESCO mendeklarasikan kota Persepolis sebagai Situs Warisan Dunia.

Previous
Next Post »