Jembatan-jembatan indah Situs Warisan Dunia

     Jembatan merupakan sarana transportasi penting yang sudah ada sejak dulu, selain fungsinya sebagai penghubung, mereka juga membuat jembatan dengan berbagai konstruksi dan arsitektur yang unik. Berawal dari itu, beberapa jembatan yang unik dan bsejarah dijadikan sebagai Warisan Budaya untuk menjaga kelestarianya..

1. Jembatan Chengyang



     Jembatan Chengyang yang berada di prefektur Qingdao, provinsi Shandong atau Guangxi di China yang berarti Jembatan hujan dan angin merupakan jenis jembatan yang dibangun oleh suku minoritas Dong sehubung dengan tempat tinggal suku tersebut berada di antara dataran rendah dan lembah dan banyak sungai oleh karena itu bagi suku Dong adalah cara terbaik adalah dengan membangun jembatan sebagai penghubung antar daerah. Jembatan ini disebut sebagai " Jembatan hujan dan angin" bukan saja merupakan jembatan tertutup akan tetapi lebih dikarenakan , suku Dong dalam membuat jembatan tidak menggunakan paku atau mur/baut tetapi sebagai pengganti digunakan keseluruhannya hanya dengan kayu, di antara jembatan-jenbatan yang ada yang paling besar adalah Jembatan Chenyang jembatan yang menyeberangi sungai Linxi bukan saja berfungsi sebagai alat penyeberangan tetapi untuk lebih melindungi dari unsur-unsur jahat.

2. Jembatan Gard




     Pont du Gard dibangun oleh Marcus Vipsanius Agrippa (63 - 12 BC) menantu dari Caesar Augustus adalah tenampungan air terbuat dari batu di antara terdapat seberat sampai hingga 6 ton terdiri dari tiga tingkatan, yang paling atas adalah kanal air walaupun nampak bagaikan jembatan terletak di kota Vers-Pont-du-Gard, dekat Remoulins, departemen Gard di Perancis pemasok air bagi Romawi ke Uz�s dari Nimes (dahulu kota kuno Romawi yang bernama Nemausus)

3. Jembatan Khaju




     Jembatan Khaju adalah salah satu jembatan yang paling terkenal di Isfahan, Iran yang dibangun kembali oleh Shah Abbas II berdasarkan pada dasar-dasar jembatan yang lama sekitar tahun 1650 yang mempunyai luas 23 m2 ddengan panjang 105 meter dan lebar 14 meter.

     Saluran yang melewati jembatan yang lebar 7,5 meter terbuat dari batu bata dan batu dengan ukuran 21 besar sedangan 26 berukuran kecil bagi saluran masuk dan keluar. Potongan-potongan batu yang digunakan dalam jembatan ini lebih dari 2 meter panjang dan jarak antara setiap saluran dan plafon dasar adalah 20 meter. dalam prasasti terdapat penunjuk bahwa jembatan itu diperbaiki di 1873.

Previous
Next Post »