Berkunjung ke "Kota Sejuta Ulama"

     Qom adalah sebuah kota di Iran yang menjadi mendapat julukan Kota Sejuta Ulama. Kota ini berjarak 135 km dari Teheran, ibukota Iran. Secara administratif, Qom adalah ibu kota propinsi Qom yang menurut statistik 1997, jumlah penduduknya sekitar 44,850 jiwa; 16,91% tinggal di kota dan 82,8% tinggal di daerah pedesaan. 

Wanita-wanita di kota Qom
     Qom terletak di kawasan sahara tengah Iran. Posisinya yang berada di tengah padang yang gersang dan jauh dari laut, iklim Qom sangat kering dan memiliki curah hujan yang kecil.



     Qom menjadi sebuah kota suci bagi penganut Islam Syi'ah, dimana di kota ini terdapat makam dari Fatimah al-Ma'sum, saudari dari Imam Ali ar-Ridha. Kota ini merupakan pusat pendidikan Syi'ah terbesar di dunia.

Salah satu interior Masjid di Qom


Kajian Agama islam
Qom ketika musim salju
     Tanahnya tidak subur antara lain karena posisinya yang berdekatan dengan danau garam. Di musim panas, suhu udara bisa mendekati 40 derajat celsius. Meski begitu, di musim dingin suhu udara juga bisa anjlok hingga di bawah nol dan sesekali turun salju, meskipun jarang sekali lebat, tak sebagaimana Teheran. Dari kota inilah muncul banyak ulama / Ayatullah Utama dan Ayatullah paling senior yang akan memimpin Iran nantinya..

Previous
Next Post »