10 Makanan dan Jajanan Lezat Khas Semarang

     Seperti kota-kota besar lain di Indonesia, semarang juga punya kuliner khas yang tentunya lezat di lidah, langsung saja kita lihat satu persatu....

1. Bandeng Presto

http://emivomarket.com
     Makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Meskipun pada awalnya berasal dari Juwana (Kabupaten Pati) tetapi makanan ini populer di Semarang. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak.

2. Soto Bangkong


     Soto Bangkong adalah salah satu dari rumah makan di Semarang yang menyajikan soto sebagai menu utamanya. Nama Bangkong diambil dari nama tempat rumah makan ini didirikan untuk pertama kali yaitu di perempatan Jl. A. Yani, Jl. M. T. Haryono dan Jl. Brigjen Katamso yang biasa disebut "Bangkong". Dalam perkembangannya, Soto Bangkong tidak hanya ada di Semarang, karena telah membuka cabang di berbagai kota di Pulau Jawa.

3. Mie Kopyok


     Mie kopyok adalah hidangan berbahan dasar mie yang dari Semarang. Dengan ciri khas irisan tetelan daging dan tambahan tahu dan kerupuk gendar diatasnya. Mie kopyok ini merupakan salah satu makanan khas kota Semarang yang susah ditemukan di tempat lain. Mie kopyok ini kebanyakan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung.

4. Tahu Gimbal

http://food.detik.com
     Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Beda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental. Saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer. Di kota Semarang banyak sekali penjual tahu gimbal kalau malam di sepanjang Jalan Pahlawan, sekitar Taman KB, dan depan Masjid Baiturrahman Semarang. Harga seporsi untuk tahu gimbal lengkap sekitar Rp10.000.

5. Gudangan

http://jalan-sutera.blogspot.com
     Jenis makanan ini terdiri dari aneka sayuran yang direbus dan disajikan dengan sambal kelapa parut. Gudangan sering dijadikan sebagai hidangan untuk hajatan tertentu oleh masyarakat seperti syukuran, selapanan dan selamatan. Gudangan tak seperti sayur pada umumnya yang hanya terdiri satu macam sayur saja, namun gudangan bisa beraneka ragam bahan sayuran sesuai dengan selera kita masing-masing.

6. Wedang Tahu

ideresepmasakan.com
     Wedang Tahu konon berasal dari negeri Tiongkok yang dibawa ke Indonesia pada akhir abad ke-19, oleh seorang imigran dari negeri tersebut sehingga menjadi minuman khas Semarang. Minuman ini berkhasiat sebagai penghangat tubuh dan sangat cocok bila dinikmati pada musim hujan, pada pagi ataupun sore hari. Wedang Tahu terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan air garam, dan bubuk agar-agar yang dimasak sehingga menjadi kembang tahu atau tahu sutera, yang akan dijadikan sebagai isi dari wedang Tahu tersebut.

7. Roti Ganjel Rel

http://remaja.suaramerdeka.com
     Meskipun berasal dari Semarang, roti ini jarang ditemui dan harus blusukan di Pasar Johar. Roti Ganjel Rel memang kurang dikenal dibandingkan roti lainnya karena teksturnya memang tidak lembut, sehingga agak alot dan sulit dikonsumsi. Tekstur Ganjel Rel yang agak alot ini menurut para ahli roti sangat baik bagi pencernaan. Nama aslinya adalah roti gambang tapi masyarakat Semarang lebih mengenalnya dengan nama �ganjel rel�. Kenapa disebut ganjel rel, hal ini tak lain karena selain teksturnya yang bantat, dan juga bentuknya yang seperti ganjel rel (bantalan rel kereta api).

8. Wingko Babat

www.oleholehsemarang.blogspot.com
     Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapadan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue. Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat terletak di dekat Bojonegoro, Jawa Timur yang terkenal akan kayunya dan karena baru saja ditemukan sumber minyak di daerah ini.

9. Lumpia Semarang


     Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO (pesta olahraga tingkat dunia) diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

10. Tahu Petis


     Tahu petis adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis yang dioleskan/disisipkan di tengah-tengah tahu. Meskipun sekarang, tahu etis dapat ditemukan di banyak kota di jawa tengah. Tahu goreng tersebut seperti tahu pong tapi rasanya tidak asin, yaitu berasal dari tahu putih yang digoreng sampai kecokelatan tanpa dibumbui apapun. Sedangkan petisnya berasa manis agak sedikit asin. Agar menggugah selera tahu petis biasanya dimakan dengan cabai rawit.

Nah anda tertarik dengan makanan dan jajanan lezat diatas? ayo datang aja ke Semarang..

Previous
Next Post »