10 Danau Terdalam di Dunia, 2 dari Indonesia!

     Ini dia 10 danau terdalam didunia, dan tak disangka-sangka ternyata 2 danau di Indonesia yaitu Danau Matano dan Danau Toba termasuk dalam katrgori ini, nah langsung saja kita simak penjelasanya...

1. Danau Baikal

www.magicbaikal.com
     Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. 

2. Danau Tanganyika


      Danau ini merupakan danau ngarai terbesar dan terdalam di Afrika atau nomor 2 terdalam di dunia serta menyimpan cadangan air tawar terbesar. Danau ini pertama kali ditemukan oleh pengelana dari Eropa pada tahun 1858 (Richard Burton dan John Speke) pada saat melakukan penjelajahan guna mencari mata air Sungai Nil. Speke melanjutkan pencarian ini dan menemukan sumber aslinya yaitu Danau Victoria.

3. Laut Kaspia


     Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km�, dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia dan terdalam ke-3 di dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar.

4. Danau Malawi


     Danau Malawi/Danau Nyasa adalah Danau Besar Afrika dan danau di Great Rift Valley Afrika Timur. Danau ini adalah danau terbesar ketiga di Afrika dan danau terbesar kedelapan di dunia yang terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania.

5. Danau Issyk-Kul


     Panjangnya 182 km, lebarnya hingga 60 km, dan luasnya 6.332 km�. Ini berarti danau ini adalah danau terbesar kedua di dunia yang terletak di gunung setelah Danau Titicaca. Danau ini terletak pada ketinggian 1.620 m, dan dalamnya hingga 702 m. Air danau ini agakbergaram dan pada musim dingin tetap bebas dari es. Air danau ini berasal dari mata air dan salju yang mencair, namun ia tidak mempunyai penyaluran.

6. Danau Great Slave


     Danau ini terletak di kompleks danau-danau besar di perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat. Danai Great Slave ini merupakan yang terdalam di Amerika Utara dan ke-6 di dunia. 

7. Danau Crater


     Danau Crater terletak di Pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Danau Crater terbentuk dari hasil erupsi gunung berapi Mazama di sekitar tahun 4680 SM

8. Danau Matano

www.ciputraentrepreneurship.com
     Danau ini tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Menurut WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia. Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan dan airnya sangat jernih.

9. Danau Toba

indonesianfolktales.wikia.com
     Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

10. Danau Sarez

www.ens-newswire.com
     Danau di Tajikistan ini terbentuk pada tahun 1911 ketika gempa bumi besar terjadi sehingga sungai murghab dibendung oleh tanah longsor akibat gempa bumi yang dahsyat. Tanggul alam ini disebut Usoi Dam dan dikhawatirkan oleh beberapa ilmuwan akan longsor dan mengancam keberadaan Danau Sarez apabila terjadi gempa bumi lagi di masa depan.

Previous
Next Post »