10 Tempat Wisata Bersejarah yang Menakjubkan di India

1. Benteng Agra

www.buddycom.com
     Benteng Agra merpakan sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di Agra, India. Benteng ini juga disebut sebagai Lal Qila atau Benteng Merah. Lokasinya sekitar 2.5 km ke barat laut dari Taj Mahal. Benteng ini lebih tepat disebut sebagai sebuah kota berdinding daripada sebuah benteng itu sendiri.

2. Fatehpur Sikri


     Setelah ulang tahun yang kedua Jahangir pada 1571, Akbar yang berumur 28 tahun, memutuskan untuk memindahkan ibukotanya dari Agra ke Fatehpur Sikri untuk menghormati Salim Chisti, dan memulai pembangunan sebuah kota berdinding yang terencana yang mengambil lima belas tahun ke depan dalam perencanaan dan pembangunan istana kerajaan, tempat tinggal permaisuri, pengadilan, masjid, tempat tinggal pribadi dan bangunan lainnya. Akbar menamai kota ini Fatehabad (Fateh, adalah kata dalam Bahasa Persia yang berasal dari Bahasa Arab yang berarti "Kemenangan".), dan kemudian menjadi Fatehpur Sikri.

3. Taj Mahal


     Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 istri ketiganya dan merupakan istri yang paling dicintainya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka. Kemudian, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.

4. Gua Ellora

www.wondermondo.com
     Gua Ellora adalah situs arkeologi yang terletak 30 km dari kota Aurangabad di negara bagian Maharashtra di India. Gua Ellora ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

5. Gua Ajanta

famouswonders.com
       Gua ini adalah monumen gua yang dibangun pada abad ke-2 SM, terdiri dari lukisan dan skulptur yang dianggap sebagai karya besar seni religius Buddha.

6. Kompleks Qutb


     Kompleks Qutb adalah sekelompok monumen dan bangunan di desa Mehrauli Delhi, India, bagian yang paling terkenalnya adalah Qutub Minar yang merupakan menara yang sangat tinggi. Kompleks ini pertama kali dibangun oleh Quthbuddin Aybak, penguasa pertama Dinasti Slave, di kota barunya yang disebut Qila-Rai-Pithora dekat kota tua Prithivraj Chauhan. Kompleks ini ditambahi oleh banyak penguasa berikutnya, termasuk Iltutmish dan Ala ud din Khilji dan juga Britania.

7. Jantar Mantar


     Jantar Mantar adalah koleksi instrunem arsitektur astronomi yang dibangun oleh Maharaja Jai Singh II di kota Jaipur antara tahun 1727 sampai tahun 1733. Pada Tahun 2010 Jantar Mantar diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

8. Stupa Agung Sanchi


     Stupa Agung' di Sanchi adalah bangunan batu tertua di India. Stupa ini dimahkotai chatra, struktur seperti payung yang menyimbolkan derajat tinggi dan keagungan, dimaksudkan untuk menghormati relik yang tersimpan di dalam stupa. Pembangunan stupa ini diawasi oleh permaisuri Ashoka, Devi. Sanchi juga merupakan kota kelahiran istri Ashoka, serta lokasi Ashoka. Pada abad pertama SM, empat gerbang berhias dan pagar langkan yang mengelilingi stupa ditambahkan.

9. Monumen Khajuraho


     Candi-candi ini adalah salah satu daya tarik wisata paling populer di India. Khanjuraho memiliki banyak bangunan kuil Hindu dan Jainisme periode pertengahan yang terkenal akan patung-patungnya yang erotis. Kelompok monumen Khajuraho masuk dalam daftar Situs Warisan DuniaUNESCO, dan dianggap sebagai salah satu dari "tujuh keajaiban" India.

10. Masjid Delhi

planetbell.me
     Masjid Delhi adalah sebuah Masjid yang dibangun oleh Sultan Syah Jahan di kota Delhi, India pada abad ke-17 Masehi dari tahun 1644 sampai tahun 1658. Masjid ini adalah masjid terbesar di India. Tipe bangunannya bercorak India yang memadukan antara corak candi Budha dan arsitektur India sebelum Islam. Mesjid ini memiliki dua menara, setinggi 40 meter dan nampak sangat unik dan indah.

Previous
Next Post »