10 Fobia paling aneh di Dunia

     Apa itu Fobia? fobia adalah rasa takut terhadap suatu makhluk, benda, dan hal-hal lainya. Nah berikut adalah fobia-fobia unik diseluruh dunia yang berhasil kami rangkum, oke lets check out..

1. Xenofobia

http://construir-a-cidadania.blogspot.com
     Xenofobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain, atau yang dianggap asing. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani yaitu xenos yang artinya "orang asing", dan phobos yang artinya "ketakutan".

2. Tetraphobia


     Tetraphobia adalah ketakutan terhadap angka 4 dan merupakan sebuah takhayul yang paling umum di daerah Asia Timur seperti Cina, Jepang,Korea, dan Taiwan. Di negara-negara ini, nomor lantai tersebut sering dilompati, mulai dari hotel, perkantoran, apartemen, dan rumah sakit. Nomor meja 4, 14, 24, dan lainnya juga dicabut pada pesta pernikahan atau pertemuan sosial lainnya di negara-negara ini, hal ini disebabkan angka 4 dalam bahasa mandarin, jepang, taiwan dan lainya terdengar mirip dengan kata "kematian".

3. Sinofobia

http://www.barnesandnoble.com
     Adalah suatu ketakutan dari ketidaksukaan terhadap Cina, orang Cina, perantauan Cina, ataupun budaya Cina. Perasaan tersebut sering ditujukan kepada masyarakat Cina yang berstatus minoritas yang berada di luar negeri Cina, Cina yang bermasalah status imigrasinya, kerancuan warga negara mereka, dan kesenjangan ekonomi. Hal ini juga ditimbulkan karena trauma atas tindakan kekerasan yang dilakukan orang Cina pada masa lalu terhadap pribumi. 

4. Triskaidekafobia

http://know-it-all-ederlyn.blogspot.com
     Triskaidekafobia adalah sebuah rasa takut yang irasional akan bilangan 13. Kata triskaideka berasal dari bahasa Yunani: tris = 3, kai = dan, deka = 10. Hal ini menyebabkan angka 13 dianggap sebagai angka sial dan dihilangkan di berbagai hotel dan restauran.

5. Paraskavedekatriaphobia


     Hari Jumat pada tanggal 13 di bulan apapun dan tahun berapapun dianggap sebagai hari sial dalam banyak kepercayaan takhayul di Britania Raya dan Amerika Serikat. Di banyak negara lain, seperti Spanyol, Selasa-13 memiliki kepercayaan takhayul yang sama.

6. Klaustrofobia

http://www.sympatix.fi
     Fobia ini adalah sebuah rasa takut terhadap tempat-tempat sempit dan terjebak. Klaustrofobia umumnya dikategorikan sebagai neurosa kecemasan yang dapat menyebabkan serangan kepanikan yang tiba-tiba, atau kepanikan seperti situasi di lift, kereta api atau pesawat udara. Sekitar 5-7% populasi dunia mengidap klaustofobia, namun hanya sebagian kecil yang mendapatkan perawatan untuk kelainan ini.

7. Heptakaidekafobia


     Heptakaidekafobia adalah sebuah rasa takut yang irasional akan bilangan 17. Di Italia, angka 17 dianggap sebagai angka sial, serupa dengan tahyul bahwa angka 13 adalah angka sial. Angka Romawi untuk 17 ditulis XVII, yang merupakan anagram dari VIXI, yang merupakan kata bahasa Latin yang berarti "aku dulu hidup", yang dapat diartikan juga "aku mati". Sejumlah pesawat Alitalia tidak memiliki deret kursi nomor 17, sementara sejumlah hotel di Italia tidak memiliki kamar nomor 17 dan gedung-gedung di Italia tidak memiliki lantai ke-17.

8. Agorafobia

http://www.periodicodecrecimientopersonal.com
     Agorafobia berasal dari kata Latin agora yang berarti pasar di luar ruang, adalah jenis fobia dengan ketakutan dasar yang berasal dari perasaan terjebak di tempat umum, saat seseorang akan sulit untuk dapat melarikan diri, dan rasa takut tidak akan tersedianya pertolongan apabila seseorang mengalami serangan panik.

9. Ailurofobia

http://www.notigatos.es
     Ailurofobia adalah ketakutan yang berlebihan kepada kucing. Pengidap ailurofobia akan merasa terancam bila menyaksikan hewan tersebut. Fobia terhadap kucing adalah salah satu jenis fobia yang umum. Hewan tersebut sering dikaitkan dengan supranatural, sihir, dan iblis. Kucing hitam sering dianggap sebagai perwujudan penyihir. Kepercayaan kuno menganggap bahwa kucing hitam dapat meramalkan masa, sehingga memiliki sikap "serupa penyihir".

10. Antofobia

http://amplibiolsatocha.blogspot.com
     Antofobia adalah perasaan takut yang berlebihan dan tidak rasional pada seseorang terhadap bunga, walaupun bunga itu sendiri tidak membahayakan sekalipun. Tidak ada suatu spesies bunga tertentu yang menyebabkan fobia ini, begitu pula bagian-bagian lain pada bunga seperti kelopak maupun tangkainya dapat menyebabkan ketakutan berlebihan kepada seseorang. Fobia terhadap bunga ini biasanya diawali dengan suatu peristiwa traumatis di masa lalu yang berkaitan dengan bunga ataupun karena melihat seseorang yang memiliki pengalaman buruk dengan bunga.

wow aneh-aneh juga ya fobia-fobia diatas..

Previous
Next Post »