Rancangan 6 Gedung Pencakar Langit yang menakjubkan di Indonesia

     Seiring dengan berkembangnya zaman dan meningkatnya ekonomi di Indonesia, banyak gedung pencakar langit kian bermunculan di Indonesia terutama di jakarta, tak hayal jika banyak bermunculan rancangan gedung pencakar langit yang sangat luar biasa dan akan menjadi kebanggaan Indonesia suatu saat nanti, dan berikut diantaranya.

1. Menara BUMN

http://www.skyscrapercity.com

     Menara BUMN atau Menara Kebanggaan Indonesia atau Menara Pertamina adalah sebuah gedung tinggi yang digagas oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Ketinggian gedung ini direndanakan mencapai 600 m dan terdiri dari 100 lantai. Pembangunan menara ini rencananya akan berada di kawasan pusat bisnis Sudirman atau Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta dengan luas areal mencapai satu hektare. Saat ini, rencana tersebut masih dalam kajian Kementerian Keuangan.

2. Menara Signature

http://www.skyscrapercity.com
     Signature Tower adalah sebuah gedung 111 lantai yang direncanakan dibangun di tengah kawasan SCBD. Gedung yang digadang-gadang menjadi gedung tertinggi ke-5 di dunia ini akan memakan biaya US$ 1 miliar atau setara Rp 9 triliun. Tinggi Signature Tower direncanakan mencapai 638 meter dan bangunan selesai sebelum tahun 2020.

     Gedung itu akan dibangun di lot 6 kawasan SCBD yang sebelumnya menjadi tempat automall, butik ponsel dan millenia. Kawasan ini dikembangkan oleh PT Danayasa Arthatama Tbk. Berdasarkan laporan tahunan 2010, tercatat pemegang saham PT Danayasa Arthatama Tbk, kepemilikan saham Tomy Winata di perusahaan ini 0,001%, kemudian publik 17,58% dan pemegang mayoritas adalah PT Jakarta International Hotels & Development (JIHD) Tbk sebesar 82,4%.

3. Menara Jakarta

Desain Baru, Juli 2011
Desain Lama
     Menara ini sudah direncanakan pembangunannya 17 tahun yang lalu atau tepatnya pada 1995. Karena krisis ekonomi yang melanda pada 1997, pembangunan Jakarta Tower dihentikan dan dilanjutkan pada 2004. Awalnya, pembangunan Jakarta tower direncakan rampung tahun ini. Namun, berdasarkan data yang dihimpun, pada 2011 lalu, Jakarta tower baru memasuki pengerjaan pondasinya.

     Jakarta Tower dibangun di kawasan Bandar Baru kemayoran. Kabar terbaru menyebut, Jakarta Tower yang merupakan Proyek Menara ICT (Information and Communication Technololgy) setinggi 558 meter ini akan dimulai kembali pengerjaannya pada Juli lalu. Jakarta Tower dibangun bersamaan waktunya dengan rencana pembangunan Menara Tomy Winata cs yaitu Signature Tower. Pada saat selesainya pembangunan, gedung ini diperkirakan akan masuk ke dalam jajaran gedung-gedung tertinggi di dunia

4. Ciputra World Jakarta


     Ciputra World Jakarta adalah sebuah Megasuperblok yang dibangun oleh PT. Ciputra Property Tbk. yang berada di kawasan Jl. Dr Satrio,Jakarta. Akan terdiri dari 3 superblok yaitu Ciputra World 1 Jakarta di kavling 3-5, Ciputra World 2 Jakarta di kavling 11 dan Ciputra World 3 Jakarta di kavling 4 & 6. Dengan total luas tanah 15 hektar. Ciputra World Jakarta direncanakan akan memiliki 15 tower dengan total investasi senilai Rp.15 triliun.

5. Airlangga Residences

http://www.skyscrapercity.com
     Airlangga Residences merupakan sebuah proyek pencakar langit kembar yang terdiri dari 2 bangunan. Bangunan pertama mencapai tinggi 212 meter dan yang kedua mencapai 327 meter. Terletak di Jakarta, Indonesia.

6. Menara Shimmering

http://www.skyscrapercity.com
     Rancangan menara yang akan memiliki tinggi lebih dari 350 m ini diusulkan pada 2011 dan akan menjadi ikon baru Kota Jakarta bila telah jadi suatu saat nanti.

Sumber: http://en.wikipedia.org/
Previous
Next Post »