Candi-candi Unik di Indonesia

1. Candi Liyangan

antarajateng.com

Letak = Lereng Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah
     Candi yang baru ditemukan pada 2008 ini menurut penelitian dan penggalian lebih lanjut yang dilakukan Balai Arkeologi Yogyakarta pada 2010 dan 2011 disimpulkan bahwa situs tersebut bukan merupakan candi besar tetapi sebuah perdusunan Mataram Kuno. Berdasar gambaran hasil survei penjajakan Balai Arkeologi Yogyakarta menyimpulkan bahwa Situs Liyangan merupakan situs dengan karakter kompleks indikasi sebagai situs permukiman, situs ritual, sekaligus situs pertanian.

2. Candi Abang

rasarab.wordpress.com
Letak = Sleman, Yogyakarta
     Candi ini dari kejauhan hanya berbentuk gundukan tanah yang berbentuk piramida. Disebut 'Abang" karena terbentuk dari batu bata merah, namun bila didekati, sebenarnya gundukan ini merupakan tumpukan batu bata merah, sekarang candi ini banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil.

3. Candi Sumberawan


Letak = Malang, Jawa Timur
     Tidak seperti candi-candi lainya, candi budha ini nampak tidak utuh karena hanya berbentuk sebuah stupa kecil.

4. Candi Cangkuang

candi1001.blogspot.com
Letak = Garut, Jawa Barat
     Candi sangkuang merupakan candi pertama yang ditemukan di tanah sunda dan juga merupakan satu-satunya candi hindu di tanah sunda. Yang unik dari candi ini yaitu letaknya di sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah danau yang bernama danau cangkuang.

5. Petirtaan Belahan

http://drbagus.files.wordpress.com
Letak = Pasuruan, Jawa Timur
     Candi peninggalan raja airlangga ini berupa pemandian/petirtaan yang masih bisa berfungsi hingga sekarang.

6. Candi Sukuh


Letak = Karanganyar, Jawa Tengah
     Candi ini mendapat predikat unik karena bentuknya yang menyerupai piramida di mesir dan juga di meksiko, selain itu di candi sukuh digolongkan kontroversial karena bentuknya yang kurang lazim dan karena ditemukan banyak obyek-obyek lingga dan yoni yang melambangkan seksualitas.

7. Situs Gua Sentono


yacob-ivan.com
Letak = Sleman, Yogyakarta
     Candi ini benar-benar dibangun dengan menjadikan gua sebagai media untuk menciptakan suatu karya seni yang indah. Di depanya dapat dilihat pintu masuk yang telah diukir dengan gaya hindu-budha, bagian dalamnya-pun tak mau kalah, relief-relief yang dipahat di dinding-dinding gua menambah keunikan dari Situs Gua Sentono ini.

8. Candi Padas

tourismnews.co.id
Letak = Gunung Kawi, Bali
     Uniknya candi ini dibuat dengan cara mrmahat dinding batuan padas sehingga membentuk lubang-lubang yang ditengahnya terdapat ornamen berbentuk candi.

9. Candi Tikus


Letak = Mojokerto, Jawa Timur
     Nama �Tikus� hanya merupakan sebutan yang digunakan masyarakat setempat. Konon, pada saat ditemukan, tempat candi tersebut berada merupakan sarang tikus. Bentuk Candi Tikus yang mirip sebuah petirtaan mengundang perdebatan di kalangan pakar sejarah dan arkeologi mengenai fungsinya. Sebagian pakar berpendapat bahwa candi ini merupakan petirtaan, tempat mandi keluarga raja, namun sebagian ada yang berpendapat bahwa bangunan tersebut merupakan tempat penampungan dan penyaluran air untuk keperluan penduduk Trowulan.

Previous
Next Post »