10 Masjid Tertua di Dunia

Inilsh 10 Masjid Tertua di Dunia!

1. Masjid Quba

www.islamiclandmarks.com
Letak               = Madinah, Saudi Arabia
Tahun dibangun = 622 M

     Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa masjid Quba adalah mesjid yang dibangun atas dasar takwa (Surat At Taubah:108).

2. Masjid Nabawi

http://img.xcitefun.net
Letak               = Madinah, Saudi Arabia
Tahun dibangun = 622 M

     Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah SAW, setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah beliau dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah saw. tiba di Madinah, yalah di tempat unta tunggangan Nabi saw. menghentikan perjalanannya. Lokasi itu semula adalah tempat penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin �Amr, yang kemudian dibeli oleh Rasulullah saw. untuk dibangunkan masjid dan tempat kediaman beliau.

3. Masjid al-Qiblatain

www.islamiclandmarks.com
Letak               = Madinah, Saudi Arabia
Tahun dibangun = 623 M

     Pada permulaan Islam, orang melakukan salat dengan kiblat ke arah Masjidil Aqsha di Palestina. Baru belakangan turun wahyu kepada Rasulullah SAW untuk memindahkan kiblat ke arah Masjidil Haram di Mekkah.

     Peristiwa itu terjadi pada tahun ke-2 Hijriyah hari Senin bulan Rajab waktu dhuhur di Masjid Bani Salamah ini. Ketika itu Rasulullah SAW tengah salat dengan menghadap ke arah Masjidil Aqsha. Di tengah salat, tiba-tiba turunlah wahyu surat Al Baqarah ayat 144. Setelah turunnya ayat tersebut di atas, beliau menghentikan sementara salatnya, kemudian meneruskannya dengan memindahkan arah kiblat menghadap ke Masjidil Haram. Merujuk pada peristiwa tersebut, lalu masjid ini dinamakan Masjid Qiblatain, yang artinya masjid berkiblat dua.

4. Masjid Kilakarai

www.beautifulmosque.com
Letak               = Kilakarai, India
Tahun dibangun = 628 M

    Masjid ini dibangun oleh seorang pedagang yaman atas perintah dari Bazan ibn Sasan yang merupakan Gubernur Yaman pada masa Nabi Muhammad SAW. 

5. Masjid Jawatha

www.indianholiday.com
Letak               = Al-Kilabiyah, Saudi Arabia
Tahun dibangun = 629 M

     Meskipun terlihat hanya tinggal puing-puingnya saja, namun kegiatan beribadah masih dilaksankan di masjid ini, dan sekarang sedang diadakan renovasi untuk membangunya kembali.

6. Masjid Cheraman Juma

www.indianholiday.com
Letak               = Kodunggalur, India
Tahun dibangun = 629 M

     Merupakan masjid pertama di India. Masjid ini diberinama seperti nama penguasa Dinasti Cheraman di India Selatan yaitu Cheraman Perumal.

7. Masjidil Haram


Letak               = Mekkah, Saudi Arabia
Tahun dibangun = 638 M

     Menurut keyakinan umat Islam, Ka'bah atau nama lainnya Bakkah pertama sekali dibangun oleh Nabi Adam. Dan kemudian dilanjutkan pada masa Nabi Ibrahim bersama dengan anaknya, Nabi Ismail yang meninggikan dasar-dasar Ka'bah, dan sekaligus membangun masjid di sekitar Ka'bah tersebut. Ka'bah kurang lebih terletak di tengah masjidil Haram: tingginya mencapai lima belas hasta; bentuknya kubus batu besar.

     Selanjutnya perluasan Masjidil Haram dimulai pada tahun 638 sewaktu khalifah Umar bin Khattab, dengan membeli rumah-rumah di sekeliling Ka'bah dan diruntuhkan untuk tujuan perluasan, dan kemudian dilanjutkan lagi pada masa khalifah Usman bin Affan sekitar tahun 647 M.

8. Masjid Agung Kufa

www.moreformuslims.co.uk
Letak               = Kufa, Iraq
Tahun dibangun = 639 M

      Masjid yang dibangun pada abad ke-7 ini merupakan peninggalan dari Ibnu Aqli yang merupakan sepupu pertama dari Husein bin Ali.

9. Masjid Kairouan

en.tunisientunisie.com
Letak               = Kaioruan, Tunisia
Tahun dibangun = 670 M

     Masjid ini dibangun oleh Uqbah bin Nafi` pada tahun 50-55 Hijriyah atau 670-675 Masehi pada masa pemerintahan Kekhalifahan Umayyah. Masjid Agung Kairouan adalah salah satu monumen Islam yang terbesar di Afrika Utara yang kemudian menjadi model bagi semua masjid di Maghreb yang dibangun setelahnya.

10. Masjid Imam Hussain

http://deenislam.webs.com
Letak               = Karbala, Iraq
Tahun dibangun = 680 M

     Masjid ini merupakan masjid suci kaum Syiah dan merupakan makam Hussain Ali, cucu kedua Nabi Muhammad SAW. Setiap tahun jutaan peziarah datang ke tempat ini untuk memperingati meninggalnya Hussain Ali.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Navbharat
AUTHOR
20 Juni 2019 pukul 22.12 delete

Travel is our passion and our life work. It’s what we do all day every day. We plan your travel itineraries to make up with maximize the value of any trip through our connections and knowledge, travelers often end up saving you money.We specialize in world-class customer service and experiences.Your trips would be completely based around your interests and schedule—they are one-of-a-kind experiences that are as unique as you are.


Reply
avatar