Negara-negara Komunis yang pernah ada di Asia

     Sekarang di asia hanya tersisa 4 negara komunis yaitu China, Laos, Vietnam, dan Korea utara, namun dahulu ada lebih banyak lagi negara-negara komunis yang sekarang telah berubah haluan politiknya, berikut diantaranya..

1. Republik Rakyat Mongolia (RRM)


     Republik Rakyat Mongolia adalah negara komunis di Asia Tengah yang eksis dari tahun 1924 sampai tahun 1992. Negara ini dikuasai oleh Partai Revolusionalis Rakyat Mongolia dan tetap setia pada sekutu Sovietnya sepanjang sejarah Republik Rakyat Mongolia.

2. Yaman Selatan


    Merupakan sebuah negara yang didirikan pada tahun 1967 di tempat yang kini adalah wilayah selatan negara Yaman. Yaman Selatan adalah satu-satunya negara komunis di Timur Tengah. Yaman Selatan bersatu dengan Yaman Utara pada 22 Mei 1990 untuk membentuk Republik Yaman.

3. Republik Demokratik Kamboja


     Republik ini eksis pada tahun 1975 sampai 1979 , ketika Kamboja dikuasai pemerintahan kediktatoran totaliter komunis dibawah pimpinan Pol Pot dan Partai Komunis Kamboja . Pemerintahannya dimulai dengan jatuhnya Republik Khmer dan rezim Lon Nol , dan berakhir dengan Invasi Vietnam ke Kamboja yang menghasilkan kemenangan Vietnam yang menbuat jatuhnya rezim Pol Pot dan digantikan dengan Republik Rakyat Kamboja.

4. Republik Demokratik Afganistan


     Republik Demokratik Afganistan merupakan sebuah pemerintahan komunis yang berkuasa di Afganistan dari tahun 1978 sampai tahun 1992. Republik ini baik secara ideologi dekat dan secara ekonomi bergantung kepada Uni Soviet, yang juga merupakan prontagonis dalam Perang Saudara Afganistan. Pada April 1992, Kabul jatuh ketangan mujahidin dan pemerintahan komunis runtuh.

Previous
Next Post »