Masjid-Masjid Indah dan Eksotis di Palestina

     Mari kita berkunjung ke Palestina! Kota Suci yang indah yang terusik kedamaianya oleh ulah Zionis Israel.. semoga konflik ini cepat berakhir.. amin :) langsung ke TKP gann,, ini dia masjid-masjid indah di palestina::

1. Masjid Al-Aqsa



     Salah satu tempat suci agama Islam yang menjadi bagian dari kompleks bangunan suci di Al-Quds, Palestina. Kompleks tempat masjid ini (di dalamnya juga termasuk Kubah Batu) dikenal oleh umat Islam dengan sebutan Al-Haram Asy-Syarif atau "tanah suci yang mulia". 

     Masjid Al-Aqsa secara luas dianggap sebagai tempat suci ketiga oleh umat Islam. Muslim percaya bahwa Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa Isra' Mi'raj. Kitab-kitab hadistmenjelaskan bahwa Muhammad mengajarkan umat Islam berkiblat ke arah Masjid Al-Aqsa (Baitul Maqdis) hingga 17 bulan setelah hijrah keMadinah. Setelah itu kiblat salat adalah Ka'bah di dalam Masjidil Haram, Mekkah, hingga sekarang. Pengertian Masjid Al-Aqsa pada peristiwa Isra' Mi'raj dalam Al-Qur'an (Surah Al-Isra' ayat 1) meliputi seluruh kawasan Al-Haram Asy-Syarif.

2. Masjid Makam al-Nabi Sain 


     Masjid Makam al-Nabi Sain adalah sebuah masjid yang terletak pada ketinggian 487 meter di atas permukaan laut, di pinggiran barat laut dari Al-Nasirah, Palestina. Tidak jelas atas dasar apa masjid ini dinamai karena dalam Islam tidak ada nabi bernama Sa'in.

3. Masjid Putih


     Merupakan masjid tertua di Al-Nasirah, Palestina dan terletak di Harat Alghama atau "Masjid Perempat" di pusat dari Pasar Tua Al-Nasirah. Masjid ini mempunyai menara yang indah seperti pensil, dinding berwarna krem??, kubah trim dan kubah hijau adalah salah satu contoh arsitektur Ottoman umum di seluruh kota.

4. Masjid Raya Gaza

fashion.azyya.com
     Juga dikenal sebagai Masjid Omari Raya dan merupakan masjid yang terbesar dan tertua di Jalur Gaza, yang terletak di kota tua Gaza.

5. Masjid Hassan Bek

arabi-press.com
     Masjid ini dianggap sebagai salah satu masjid paling yang terkenal dan terletak di Jaffa. Masjid ini telah menjadi tempat banyak kontroversi, seperti yang ditunjukkan dalam beberapa tahun terakhir. Sejarahnya terikat erat dengan berbagai tahap Konflik Israel-Palestina, dari awal sebagai perselisihan komunal di bawah pemerintahan Utsmani dan Inggris sampai sekarang.

6. Masjid Al-Haram Al-Khalil


     Masjid ini terletak di Al-Khalil, Palestina. Maksudnya "Haram" artinya suci, seperti pada istilah Tanah Haram (tanah suci), Masjidil Haram (Masjid Suci) yang maksudnya tempat yang diharamkan melakukan perbuatan yang melanggar kesuciannya. Sedangkan Al-Khalil adalah gelar bagi Nabi Ibrahim, yang selengkapnya disebut "Khalilullah" (artinya, Kekasih Allah). Karena itu kota Hebron dinamakan Al-Khalil, dimana terdapat makam dari Nabi Ibrahim dan keluarganya yaitu di komplek Mesjid Ibrahim (Al-Haram Al-Khalil) yang tepatnya berada di bawah lantai Masjid Ibrahimi.

TAMBAHAN!!

7. Kubah Shakhrah


     Kubah Shakhrah ini selesai didirikan tahun 691, menjadikannya bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Kubah Shakhrah bukanlah sebuah masjid, sebaliknya, merupakan sebuah kompleks yang terdapatnya sebuah batu besar yang dikatakan tempat Nabi Muhammad berdiri ketika peristiwa Isra dan Mi'raj. Qubbat As-Sakhrah terletak di Baitulmuqaddis di kawasan Al-Haram asy-Syarif. Qubbat As-Sakhrah bukanlah Masjid Al-Aqsa karena Masjid Al-Aqsa terletak tidak jauh daripada bangunan ini. Qubbat Al-Sakhrah seringkali disalahartikan sebagai Masjid Omar yang merupakan tempat Umar bin Khattab bersalat ketika tiba di Baitulmuqaddis.

Sumber: http://id.wikipedia.org
Previous
Next Post »