10 Makhluk yang dianggap Vampire dari berbagai penjuru Dunia

     Ternyata istilah "vampire" sebagai makhluk mengerikan bergigi runcing dan penghisap darah tak hanya dapat kita temukan di dataran eropa khususnya di wilayah eropa timur, istilah "vampire" juga dikenal di berbagai penjuru dunia meskpun dengan wujud dan nama yang berbeda, seperti yang berikut ini!!!

1. Adze



     Adze adalah makhluk dalam kepercayaan bangsa Ewe di Togo, Afrika. Di alam liar, adze berwujud kunang-kunang, dan bisa berubah menjadi manusia. Dalam wujud manusia, adze memiliki kemampuan untuk merasuki manusia lain.

     Dalam bentuk kunang-kunang, adze mampu terbang menembus pintu pada malam hari dan mengisap darah dari orang yang sedang tidur. Korbannya akan jatuh sakit dan mati. Mitos adze kemungkinan disebabkan kematian oleh penyakit malaria.

2. Asanbosam


     Adalah makhluk seperti vampir dari Afrika Barat. Makhluk ini berasal dari cerita rakyat kaum Ashanti di Ghana selatan, serta di Pantai Gading dan Togo. Dikatakan bahwa asanbosam memiliki gigi besi dan kakinya berupa pengait besi. Asanbosam tinggal di pepohonan dan menyerang orang dari arah atas.

3. Impundulu


     Impundulu erwujud seekor burung berbulu hitam putih seukuran manusia, dan mampu menciptakan petir dan kilat dengan sayap dan cakarnya. Dikatakan bahwa makhluk ini selalu haus akan darah. Terkadang impundulu berubah menjadi pria tampan. Pada tahun 2005, seorang pria di Afrika Selatan dinyatakan bersalah atas pembunuhan seorang anak berusia dua tahun yang dia percayai sebagai impundulu.

4. Tunda


     Tunda adalah makhluk mirip vampir dalam cerita rakyat Kolombia. Tunda berwujud seorang perempuan yang mengajak orang masuk ke dalam hutan lalu memerangkap mereka di sana. Terkadang Tunda muncul sebagai orang terkasih.

     Tunda tidak terlalu sempurna dalam perubahan wujudnya sehingga kadang-kadang memiliki kaki kayu, namun Tunda pandai menyembunyikan hal ini dari calon korbannya. Dalam beberapa kisah, Tunda menyamar sebagai perempuan cantik dan merayu para pemburu atau tukang kayu sebelum akhirnya mengisap darah atau memakan mereka.

5. Patasola


     Patasola atau "satu kaki" adalah makhluk berkaki satu dalam cerita rakyat Amerika Selatan. Patasola mendatangi para pria pemburu atau tukang kayu yang sedang berada di hutan dan sedang memikirkan perempuan. Patasola muncul kepada mereka sebagai perempuan cantik, kadang-kadang sebagai orang terkasih. Setelah memerangkap mereka, Patasola akan memperlihatkan wujud aslinya dan mengisap darah serta memakan daging mereka. Patasola biasanya dianggap sebagai pelindung alam liar dan hewan. Patasola sangat membenci manusia yang memasuki wilayah mereka.

6. Kuntianak


     Kuntilanak (bahasa Melayu: Pontianak) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama "puntianak" merupakan singkatan dari "perempuan mati beranak". Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

7. Loogaroo


     Loogaroo adalah perempuan tua yang bersekutu dengan iblis yang berasal dari Karibia. Loogaroo bisa menanggalkan kulitnya (biasanya dilakukan di bawah "Pohon Iblis", yaitu pohon kapas sutra) dan berubah menjadi nyala api atau bola cahaya biru lalu bergentayangan sepanjang malam untuk mencari darah untuk persembahannya. Setelah mengumpulkan cukup banyak darah, dia akan kembali memakai kulitnya dan berubah menjadi manusia.

     Jika melihat biji-bijian yang tercecer, Longaroo akan berhenti dan menghitung semuanya, oleh karena itu gundukan pasir atau biji sering disimpan di depan pintu untuk berjaga-jaga dari serangan Longaroo, setidaknya sampai pagi hari. Dalam beberapa cerita, kulit longaroo yang disimpan di Pohon Iblis juga bisa diambil oleh orang lain supaya Longaroo tak bisa menemukan kulitnya.

8. Peuchen


     Peuchen adalah makhluk dalam mitologi Mapuche dan mitologi Chilote yang hidup di daerah Chili. Peuchen adalah makhluk yang mengerikan, dia mampu berubah wujud, termasuk menjadi hewan.

     Peuchen digamabrkan sebagai ular terbang raksasa yang mengeluarkan suara aneh. Tatapannya bisa membuat korbannya menjadi tak bisa bergerak. Pada saat itulah Peuchen mengisap darahkorbannya. Peuchen juga diduga mengisap darah domba. Makhluk ini bisa diusir oleh seorang Machi (Tabib Wanita Mapuche).

9. Jiang Shi (Vampir China)


     Jiang Shi adalah mayat hidup yang melompat-lompat dan menyerang makhluk hidup lain untuk menyerap energi kehidupan dari korbannya. Mereka dipercaya tercipta ketika arwah seseorang gagal meninggalkan jasadnya akibat kematian yang tak layak, bunuh diri, atau hanya ingin membuat masalah.

10. Manananggal


      Manananggal adalah makhluk dalam cerita rakyat Filipina yang mirip dengan vampir. Mitos manananggal populer di daerah Visayas, terutama di provinsi Capiz, Iloilo, Antique. Manananggal tidak menyukai garam dan bawang putih. Manananggal digambarkan sebagai wanita tua yang cantik, dan bisa memisahkan tubuh bagian atasnya. Tubuh itu kemudian terbang pada malam hari dengan sayap mirip kelelawar untuk berburu perempuan hamil yang sedang berada di rumah. 

11. Cihuateteo 


     Dalam mitologi Suku Aztek di Meksiko, Cihuateteo adalah arwah dari perempuan yang meninggal ketika sedang melahirkan. Persalinan dianggap sebagai sebuah pertempuran, dan korbannya dianggap sebagai prajutit yang gugur. Tubuh mereka dipercaya mampu memperkuat para prajurit dalam pertempuran sebenarnya sementara arwah mereka berubah menjadi Cihuateteo, hantu menakutkan yang menemani terbenamnya matahari.

12. Nukekubi


     Nukekubi adalah yokai (monster) dalam cerita rakyat Jepang. Pada siang hari, nukekubi berwujud manusia biasa. Pada malam hari, kepala merka terlepas dan terbang utnuk mencari mangsa berupa manusia. Setelah menemukan korban, kepala ini akan menjerit lalu menggigit korbannya.

Previous
Next Post »