10 Bahasa Daerah dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia

Sebagai bangsa dengan buanyak sekali suku yang bejibun, pasti negara kita punya banyak bahasa yang sangat berakam kan, dan inilah 10 bahasa daerah dengan pengguna terbanyak di Indonesia..

1. Bahasa Jawa

hendywiranata.deviantart.com
Jumlah Penutur = 80 Juta orang
     Bahasa dengan pengguna terbanyak di Indonesia ini tidak hanya digunakan di Indonesia, namun juga digunakan di masyarakat jawa di Suriname dan Keledonia Baru. Di Indonesia, selain di pulau jawa, bahasa jawa juga digunakan oleh para imigran jawa di sumatera dan kalimantan Kawasan-kawasan luar Jawa yang didominasi etnis Jawa atau dalam persentase yang cukup signifikan adalah : Lampung (61,9%),Sumatera Utara (32,6%), Jambi (27,6%), Sumatera Selatan (27%), Aceh(15,87%) yang dikenal sebagai Aneuk Jawoe.

2. Bahasa Melayu-Indonesia

portaldinamis.blogspot.com
Jumlah Penutur = 7-18 juta penutur asli, total 200-300 juta (sebagai bahasa resmi kenegaraan)
     Sebagai bahasa yang luas pemakaiannya, bahasa ini menjadi bahasa resmi di Brunei, Indonesia (sebagai bahasa Indonesia), dan Malaysia (juga dikenal sebagai bahasa Malaysia); bahasa nasional Singapura; dan menjadi bahasa kerja di Timor Leste (sebagai bahasa Indonesia). Bahasa Melayu merupakan lingua franca bagi perdagangan dan hubungan politik di Nusantara sejak sekitar A.D 1500-an

3. Bahasa Sunda

abdiurangsunda.wordpress.com
Jumlah Penutur = 38 juta orang
     Bahasa Sunda dituturkan di hampir seluruh provinsi Jawa Barat dan Banten, melebar hingga wilayah barat Jawa Tengah mulai dari Kali Brebes (Sungai Cipamali) di wilayah Kabupaten Brebes dan Kali Serayu (Sungai Ciserayu) di Kabupaten Cilacap, di sebagian kawasan Jakarta, serta di seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri yang menjadi daerah urbanisasi Suku Sunda.

4. Bahasa Madura

http://firdausardiansyah28.files.wordpress.com
Jumlah Penutur = 14 juta orang
     Bahasa Madura mempunyai penutur kurang lebih 14 juta orang, dan terpusat diPulau Madura, Ujung Timur Pulau Jawa atau di kawasan yang disebut kawasan Tapal Kuda terbentang dari Pasuruan, Surabaya, Malang, sampai Banyuwangi, Kepulauan Masalembo, hingga Pulau Kalimantan.

5. Bahasa Batak

Jumlah Penutur = -
     Bahasa Batak atau sering disebut bahasa Toba ini digunakan di daerah Sumatera Utara. Kata-kata yang paling terkenal dari bahasa ini adalah "Horas!" yang berarti "selamat datang". 

6. Bahasa Minangkabau

munirtaher.wordpress.com
Jumlah Penutur = 6,5 juta orang
     Bahasa Minangkabau/Baso Minang adalah salah satu bahasa dari rumpun bahasa Melayu yang dituturkan oleh Orang Minangkabau sebagaibahasa ibu khususnya di provinsi Sumatera Barat (kecuali kepulauan Mentawai), pantai barat Aceh dan Sumatera Utara, bagian barat provinsi Riau, bagian utara Jambi dan Bengkulu, serta Negeri Sembilan, Malaysia. Bahasa Minang dihipotesiskan sebagai bahasa Melayik, seperti halnya Bahasa Banjar, Bahasa Betawi, dan Bahasa Iban.

     Bahasa Minang masih digunakan sebagai bahasa sehari-hari oleh masyarakat Minangkabau, baik yang berdomisili di Sumatera maupun di perantauan. Namun untuk masyarakat Minangkabau yang lahir di perantauan, sebagian besar mereka telah menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Melayu dalam percakapan sehari-hari.

7. Bahasa Banjar

Jumlah Penutur = 5,9 juta orang
     Bahasa ini adalah sebuah bahasa Austronesia yang dipertuturkan oleh suku Banjar di Kalimantan Selatan, Indonesia, sebagai bahasa ibu. Selain di Kalimantan Selatan, Bahasa Banjar yang semula sebagai bahasa suku bangsa juga menjadi lingua franca di daerah lainnya, yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur serta di daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, sebagai bahasa penghubung antar suku. Di Kalimantan Tengah, tingkat pemertahanan bahasa Banjar cukup tinggi tidak sekadar bertahan di komunitasnya sendiri, bahkan menggeser (shifting) bahasa-bahasa orang Dayak

8. Bahasa Bugis

robbyhd.blogspot.com
Jumlah Penutur = 4 juta orang
     Bahasa Bugis adalah bahasa yang digunakan etnik Bugis di Sulawesi Selatan, yang tersebar di Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, sebahagian kabupaten Enrekang, sebagian kabupaten Majene, Kabupaten Luwu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo, Kabupaten Bone, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bulukumba, dan Kabupaten Bantaeng.

Masyarakat Bugis memiliki penulisan tradisional memakai aksara Lontara. Contoh:

9. Bahasa Bali

balisruti.or.id
Jumlah Penutur = 3,9 juta
     Bahasa ini terutama dipertuturkan di pulau Bali, pulau Lombok bagian barat, dan sedikit di ujung timur pulau Jawa. Di Bali sendiri Bahasa Bali memiliki tingkatan penggunaannya, misalnya ada yang disebut Bali Alus, Bali Madya dan Bali Kasar. Yang halus dipergunakan untuk bertutur formal misalnya dalam pertemuan di tingkat desa adat, meminang wanita, atau antara orang berkasta rendah dengan berkasta lebih tinggi. Yang madya dipergunakan di tingkat masyarakat menengah misalnya pejabat dengan bawahannya, sedangkan yang kasar dipergunakan bertutur oleh orang kelas rendah misalnya kaum sudra atau antara bangsawan dengan abdi dalemnya,

10. Bahasa Aceh

2012.acehinvestment.com
Jumlah Penutur = 3,5 juta orang
     Bahasa ini dituturkan oleh suku Aceh yang terdapat di wilayah pesisir, sebagian pedalaman dan sebagian kepulauan di Aceh.

Previous
Next Post »