6 Jembatan Unik dan Menakjubkan di Indonesia!

     Ini dia Indonesia, negara dengan sejuta keajaiban! salah satunya adalah jembatan-jembatan berikut ini, unik, megah, dan menakjubkan. Langsung aja disimak ya gann..

1. Jembatan Palu IV

http://www.kidnesia.com

     Merupakan sebuah jembatan yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Yang menakjubkan dari jembatan ini adalah merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis.

2. Jembatan Tukad Bangkung


     Jembatan yang menghubungkan tiga kabupaten, masing-masing Badung, Bangli, dan Buleleng itu menjadi jembatan terpanjang di Bali dan diklaim sebagai tertinggi di Asia Tenggara. Jembatan Tukad Bangkung mempunyai panjang 360 meter, lebar 9,6 meter, dengan pilar tertinggi mencapai 71,14 meter, dan pondasi pilar 41 meter di bawah tanah. Jembatan itu berteknologi balanced cantilever, dengan perkiraan usia pakai selama 100 tahun.

3. Jembatan Nasional Suramadu

infoberitaterbaru.blogspot.com
     Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

     Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura.

4. Jembatan Barito

fotopurwoko.blogspot.com
     Adalah jembatan yang menghubungkan 2 daerah di Tepi Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Jembatan ini memiliki panjang 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan Pulau Bakut selebar 200 meter. Jembatan ini pertama kali diresmikan pada tanggal 23 April 1997 oleh Presiden Soeharto. Jembatan ini yang tercatat dalam rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

5. Jembatan Akar Batang Bayang

jejak-jelajah.blogspot.com
     Wooow, ini baru menakjubkan! Jembatan yang terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang tumbuh berseberangan ini membentang di atas aliran Batang Bayang Sumatera Barat. Dalam bahasa Minang, jembatan yang letaknya sekitar 88 km sebelah selatankota Padang ini oleh masyarakat dinamakan titian aka.

     Jembatan ini memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter dengan ketinggian dari permukaan sungai sekitar 10 meter, mulai dibentuk pada tahun 1890 dan baru dapat digunakan pada tahun 1916. Dengan kata lain, proses merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu lebih kurang 26 tahun. Saat ini, kondisinya semakin lama semakin kuat karena semakin besarnya akar pohon beringin yang membentuknya.

6. Jembatan Kelok 9

http://www.portalkbr.com
     Jalan dan jembatan ini membentang sepanjang 300 meter Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jembatan ini membentang meliuk-liuk menyusuri dua dinding bukit terjal dengan tinggi tiang-tiang beton bervariasi mencapai 58 meter. Terhitung, jembatan ini enam kali menyeberangi bolak balik bukit. Rencananya, jembatan ini akan diresmikan penggunaannya pada bulan September 2013 dan akan mulai dibuka seminggu jelang lebaran untuk menunjang arus mudik.

7. Jembatan Cikurutug

semboyan35.com
     Jembatan dan juga jalur kereta api ini memang sangat ekstrim, bahkan jembatan ini masuk dalam 10 besar Jalur kereta api aling menyeralkan di Dunia! Kereta api yang lewat pun harus dengan kecepatan yang sangat pelan karena saking tingginya jembatan ini. hihi ngeri juga ya..

Previous
Next Post »