11 Film Islami yang Mendunia

     Begitu banyak film-film islami berkualitas internasional yang diciptakan baik oleh sutradara muslim maupun non-muslim yang dapat menggetarkan dunia lewat ceritanya. Dan berikut 11 film bernafaskan islami yang sangat mendunia:


1. Fetih 1453 (2013)

dakwatuna.com
     Film asal Turki ini menceritakan seorang pemimpin perang yaitu Sultan Muhammad II Al-Fatih dalam menaklukan Konstantinopel dengan bekal 150 ribu pasukan dan meriam. Film garapan sutradara Faruk Aksoy ini merupakan film termahal sepanjang perjalana perfilman di Turki.

2. Children of Heaven (1997)

thevoideck.wordpress.com
     Film sederhana yang menceritakan kehidupan sehari-hari besutan sutradara Iran Majid Majidi ini meskipun ceritanya sederhana namun berkualitas Internasional.

3. Mariam (2013)

entertainment.kompas.com
     Film karya sineas Suriah, Basel al-Khatib ini mampu meraih penghargaan Film Arab di Festifal Film Internasional ke-4 di Kota Dakhla, Maroko. Film ini bercerita tentang nasib tiga wanita bernama mariam yang menghadapi berbagai aspek kehidupan perang pada waktu yang berbeda.

4. Hur Adam (2011)

sinemalar.com
     Dari Turki, ada Hur Adam karya Mehmet Tanrisever. Film ini mengisahkan biografi Bediuzzaman Said Nursi yang merupakan filsuf islam asal Turki dan berdarah Kurdi.

5. The Message (1977)

alvitoo.wordpress.com
     Film islam asal Libya ini sukses memikat dunia dengan menyuguhkan cerita sosok Nabi Muhammad SAW ketika menyebarkan islam sebagai agama baru. 

6. Lion of The Desert (1981)

en.wikipedia.org
     Film ini menceritakan perjuangan jihad Syekh Omar Mukhtar melawan penjajah italia di Libya. Uniknya film ini diproduseri sendiri oleh mantan pemimpin Libya, Moammar Khaddafi.

7. The Messenger of Peace (20..?)

(Barrie Osborne) mid-day.com
     Film ini merupakan film remake dari The Message yang diubah ke versi Hollywood. Film idi dibuat oleh sutradara terkenal Barrie Osborne yang rela mengeluarkan bujet 150 juta dollar untuk film yang menceritakan kelahiran Islam dan kehidupan Rasulullah SAW yang sarat dengan nilai-nilai Islam. Namun kalian harus sabar, pasalnya film ini baru mulai dibuat pada 2011.

8. Kingdom Of Heaven (2005)

asiarcfirmansyah.wordpress.com
     Film kolosal ini dibuat oleh sutradara Non-muslim Ridley Scott. Film ini berbasis pada kisah Perang Salib di Yerussalem.

9. Journey to Mecca (2009)

en.wikipedia.org
     Journey to Mecca karya sutradara Amerika ini menceritakan petualangan Ibnu Batutta menuju Mekah. Film ini menjadi film islam pertama dalam format IMAX. 

10. Le Grand Voyage (2004)

triayusoepandi.blogspot.com
     Atau biasa disebut Ar-Rihlatul Akbar (Perjalanan Agung) menjadi salah satu film terbaik dunia yang mengisahkan perjalanan seorang ayah bersama anak lelakinya menuju Mekah untuk menunaikan ibadah haji dengan bermobil menempuh 5.000 km dari Perancis menuju ke Tanah Suci.

11. A Separation (2011)

imdb.com
     Film asal Iran ini mampu menyabet gelar "Film Berbahasa Asing Terbaik" dalam Academy Award 2012.


Sumber: Koran Harian Suara Merdeka
Previous
Next Post »