Ini dia Atol-atol terbesar di Dunia, salah satunya di Indonesia!

     Apa sih Atol itu? atol adalah pulau karang yang biasanya berbentuk cincin dan di bagian tengahnya terdapat danau/cekungan/laguna yang telah terisi oleh air laut, atol ini tentunya sangaaat indah karena dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. Dan di dunia ini terdapat banyak sekali atol, dan ini dia 3 yang terbesar...

1. Kawasan Atol Kwajifein, Kepulauan Marshall


     Ini dia atol terbesar di dunia, terletak di Samudera Pasifik dengan luas daratan 16,4 km2 dan membentuk 97 pulau, atol ini mengelilingi laguna terbesar di dunia yaitu dengan luas 2174 km2.

Gambar: 

http://farm6.staticflickr.com
http://dxing.at-communication.com
2. Kawasan Atol Suvadiva, Maladewa


     Suradiva sering juga disebut Huvadhu, atol ini merupakan atol terbesar kedua di dunia dan atol terbesar yang mempentuk kepulauan Maladewa di selatan India. Suradiva mencankup luas 3152 km2 dengan luas daratan 38,5 km2. 

http://www.gan.philliptsmall.me.uk
3. Kawasan Atol Taka Bonerate, Sulawesi Selatan, Indonesia


     Prok..prok..prok.. Indonesia gan, kita patut bangga nih. Taka bonerate dalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia. Luas total dari atol ini 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km�. Sejak Tahun 2005Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia. Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate atau sebelumnya disebut Takabonerate Island Expedition (TIE).

Gambar:
http://achmadriyadi.files.wordpress.com
http://kbatur.com
Previous
Next Post »