5 Candi Terindah di Negeri Kamboja

     Kamboja sama seperti indonesia, yaitu tempat dimana Hindu dan Budha pernah berjaya, namun kejayaan di kamboja masih berlangsung sampai sekarang dimana banyak terdapat kuil-kuil, candi, dan para biksu. Dan berikut adalah 5 candi terindah di Kamboja..

1. Angkor Thom


     Adalah reruntuhan kompleks ibu kota kerajaan kuno Khmer di Kamboja. Ibu kota ini didirikan oleh raja Jayawarman VII dan mencakup kawasan seluas 9 km�. Di kawasan ini terdapat beberapa monumen dari masa sebelumnya. Reruntuhan di dalam kompleks kota ini antara lain berbagai candi-candi dan istana-istana, serta terdapat arca-arca yang besar. Pada pusat kota ini berdiri candi Bayon, candi Lokeswara, sementara situs-situs arkeologi penting lainnya berhimbun di sekitar lapangan kejayaan, semacan alun-alun tepat di sebelah utara candi Bayon.

2. Angkor Wat


     Adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja, dan dianggap sebagai salah satu dari keajaiban dunia. Ia dibangun oleh Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun.


     Angkor Wat berada dalam keadaan yang baik dibandingkan dengan kuil lain di dataran Angkor disebabkan Angkor Wat telah dialihfungsikan menjadi kuil Buddha dan dipelihara serta digunakan secara terus menerus ketika agama Buddha menggantikan agama Hindu di Angkor pada abad ke-13. Kuil Angkor pernah dijajah oleh Siam pada tahun 1431.

     Pada tahun 1992 Angkor Wat masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

3. Baksei Chamkrong


     Adalah candi Hindu yang dibuat untuk Shiva dan digunakan untuk memegang gambaran emas untuknya. Candi ini dapat terlihat di sisi kiri ketika memasuki Angkor Thom di gerbang selatan. Candi ini dibuat untukYasovarman oleh anaknya, Raja Harsavarman. Candi ini diselesaikan oleh Rajendravarman II (944-968 SM).

4. Banteay Srei


     Banteay Srei dibangun dari bahan batu pasir berwarna merah dengan ukiran yang halus dan rumit. Ukuran bangunan ini terbilang kecil jika dibandingkan standar ukurang bangunan di Angkor, akan tetapi keistimewaannya adalah pada keindahan detil ukiran relief dan ornamennya. Karena faktor inilah maka candi ini menjadi sangat mahsyur di kalangan wisatawan dan disanjung sebagai "permata seni Khmer.

5. Preah Vihear


     Preah Vihear kuil Khmer yang terletak di bukit setinggi 525 di Pegunungan Dangrek, di Provinsi Preah Vihear,Kamboja dan dekat distrik Kantharalak, Thailand. Pada tahun 1962, kuil di dipersengketakan antara Thailand dan Kamboja, dan Mahkamah Internasional menyerahkan kepemilikan kuil ini kepada Kamboja.

Previous
Next Post »