Lingkaran-lingkaran Batu di Castlerigg



Jika Stonehenge adalah lingkaran batu yang paling terkenal di inggris, Lingkaran Batu Castlerigg, di dekat Keswick, Distrik Lake, pastilah yang paling atmosferik. Bertempat di lembah terbuka diantara bukit-bukit yang berombak-ombak, bangunan megalitik ini tampak sebagai gambar kartu pos yang sempurna. 



     Lingkaran Batu Castlerigg, juga dikenal sebagai Carle Keswick atau Lingkaran Druis adalah salah satu dari yang tertua di Inggris. Bangunan ini dibangun kira-kira 3000 SM dan terdiri dari 38 batu dengan tinggi yang beraneka ragam dan ditempatkan dalam suatu bentuk yang agak oval. Batu yang paling besar tingginya lebih dari 8 kaki, tetapi mayoritasnya kurang dari 5 kaki. Meskipun batu-batu itu telah roboh, tempat ini termasuk dalam kondisi yang luar biasa baik jika dilihat dari segi umur.



     Didalam lingkaran batu-batu itu, sepuluh batu-batu yang lebih kecil ditempatkan di dalam suatu bujur sangkar dalam susunan yang disebut �Goa. Ada juga gundukan di tengah yang diduga sebagai kamar pemakaman. Akan tetai, situs ini tidak pernah digali dengan tepat, dan studi-studi arkeologis yang asal-asalan hanya menyingkapkan endapan batu-bara.

     Seperti Stonehenge, tempat itu mempunyai kualitas-kualitas yang mebuatnya cocok untuk digunakan sebagai observatorium astronomis, meskipun sebuah mata pisau batu yang kasar ditemukan di dekat lingkaran itu memberi kesan bahwa ia mungkin digunakan sebagai pusat perdagangan untuk industri kapak Neolitik wilatah itu. Ada juga legenda lokal yang mengatakan batu-batu itu tidak pernah dibangun berdasarkan suatu rancangan, tetapi sebenarnya adalah orang-orang yang berubah menjadi batu karena takut terhadap monster setempat.


Sekarang kita hanya dapat mengagumi pemandangan yang menarik perhatian atas bangunan buatan manusia yang masih awal ini yang bertempat di suatu wilayah yang memiliki keindahan alamiah yang unik.

Gambar lainya:






Sumber: dari mana-mana
Previous
Next Post »