Cikukua Lantang, Burung Khas Indonesia Timur



     Burung Cikukua Lantang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kawasan Indonesia timur. Hal ini terlihat dengan banyaknya hiasan berbentuk burung cikukua lantang berupa pahatan, cukilan, atau patung. Cikukua lantang memang merupakan burung khas daerah Indonesia timur.

     
     Panjang badan cikukua lantang dewasa sekitar 33 cm. bagian samping muka dan di depan mata cikukua lantang berwarna hitam dan tidak ditumbuhi bulu. Mata burung ini bulat dan berwarna coklat. Paruhnya yang hitam panjang melengkung dan berujung runcing. Panjang paruh itu bisa mencapai 4 cm. pada pangkal paruh, terdapat jengger yang keras.

Cikukua Lantang dalam perangko
     Bagian punggung cikukua lantang ditumbuhi bulu-bulu coklat keabu-abuan. Pada ujung bulu-bulu itu terdapat sedikit warna kehitaman. Bulu di bagian kerongkongan, leher, dan dada bagian bawahnya berwarna keputih-putihan. Sayapnya yang bewarna coklat keabu-abuan berukuran 14-16 cm. ekor cikukua lantang berukuran sekitar 13 cm. warna ekor ini sama dengan warha sayap. Panjang kakinya yang berwarna coklat gelap sekitar 4 cm. jari kakinya berjumlah 4 pada setiap kakinya. 3 jari menghadap ke depan dan sebuah menghadap ke belakang. Sebagai mana bangsa formes lainya, cikukua lantang juga menggunakan jari-jari kakinya untuk bertengger. Habitat alami cikukua lantang antara lain adalah hutan-hutan, daratan rendah, daerah tepian hutan, savana, atau diantara pepohonan disepanjang pantai.


Ini telurnya
     Jenis makananya adalah buah-buahan dan madu dari bunga-bungaan. Cikukua lantang juga memakan berbagai jenis serangga. Burung ini termasuk burung polimator yang membantu penyerbukan tanaman, karena cikukua lantang banyak hidup diantara dedaunan dan bunga-bungaan. 

     Pada saat bertelur, burung cikukua lantang membuat sarang ynag kuat di atas pohon. Sarang itu berada di ketinggian 7,5 -12 m diatas permukaan tanah. Dalam sekali masa bertelur, dihasilkan 2-3 butir telur. Telur cikukua lantang berwarna merah jambu pucat dengan bercak-bercak coklat. Burung cikukua lantang bersuara merdu. Kicauanya khas dan enak didengar. Karena itulah, burung cikukua lantang banyak dipelihara sebagai burung kesayangan
Previous
Next Post »