Negara di dalam Negara

     Negara-negara ini sering disebut dengan "enklave" Kata "enklave" (enclave) berasal dari kata Perancis, lingua franca kosakata bidang diplomasi, yang aslinya berasal dari kata Latin inclavatus(artinya 'terkurung, terkunci'). Kata tersebut menjadi jargon diplomasi bahasa Inggris pada 1868. Sedangkan kata "eksklave" (exclave) merupakan perluasan kata yang logis yang diciptakan tiga abad kemudian.


     Enklave bisa pula timbul karena berbagai alasan sejarah, politis atau geografis. Beberapa wilayah ditinggalkan saja menjadi enklave akibat perubahan aliran sungai.

     Sebuah negara enklave harus menyelesaikan berbagai masalah, seperti alamat surat, aliran listrik dan hak lintasan, dengan negara tetangga agar penduduk kedua negara dapat hidup tenteram. Dan inilah negara di dalam negara yang hanya ada 3 di dunia:

1. Lesotho



     Kerajaan Lesotho adalah sebuah negara di selatan Afrika. Negara ini merupakan sebuah enklave yang dikelilingi oleh Afrika Selatan. Lesotho merupakan satu-satunya negara merdeka yang seluruh bagiannya terletak di atas ketinggian 1.000 meter. Titik terendahnya adalah 1.400 m, dan lebih dari 80% Lesotho terletak di ketinggian melebihi 1.800 m. Sebagian besar penduduknya, yang dikenal sebagai suku bangsa Basotho, tinggal di desa-desa yang terdiri atas rumah-rumah yang seringkali dihias dengan pola-pola yang indah. Penduduknya menanam tanaman pangan, seperti jagung. Namun hasil utama dinegara ini adalah wol dan mohair (bulu kambing Angora).

2. San Marino



     Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.


     San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku. San Marino tidak memiliki bandara sendiri, tetapi memiliki sebuah landasan helikopter yang terletak di Borgo Maggiore. Bandara yang terdekat berada di kota Rimini, Italia, yaitu bandara internasional Federico Fellini.

3. Vatikan




     Vatikan , dengan nama resmi bernama State of the Vatican City (bahasa Italia: Stato della Citt� del Vaticano,diucapkan, merupakan negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk. Vatikan merupakan sebuah enklaf yang berada di dalam wilayah kota Roma di Italia. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci, otoritas pusat Gereja Katolik. Hampir semua 890 warga Vatikan tinggal di dalam tembok kota Vatikan. Mereka termasuk rohaniawan/rohaniawati dan Garda Swiss (Bahasa Jerman: Schweizergarde; Bahasa Inggris: Swiss Guard), sebuah unit tentara bayaran dari Swiss yang secara tradisi telah menjadi pasukan pengawal Paus dan Vatikan semenjak tahun 1506. Warga Vatikan 100% beragama Katolik. Bahasa Resmi adalah Bahasa Latin, tetapi Bahasa Italia lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Previous
Next Post »