Nenek Moyang kita berfikir bahwa Bumi kita berbentuk seperti ini...


Zaman dahulu kala, nenek moyang kita mencoba mengira-ira bagaimana bentuk bumi yang mereka tempati, dan inilah hasil penemuan mereka ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu..


1. Babilonia

     Babilonia menggambarkan Bumi sebagai sebuah gunung yang berlubang (Growong) yang disangga dan dikelilingi oleh laut. Dan di dalam bumi adalah kerajaan orang-orang yang telah mati.

2. Mesir Kuno

     Mesir kuno menganggap Bumi sebagai Dewa Keb yang berbaring tertutup tumbhan. Langitnya adalah dewi meruduk gemulai yang disangga Atmosfer. Dewa Matahari berada dalam dua perahu yang setiap hari berlayar melintasi langit dan memasuki alam maut.

3. Agama Hindu

Hindu menggambarkan Bumi dengan berbagai macam. Ada yang percaya Bumi adalah gajah yang menunggang penyu penjelmaan Dewa Wisnu dan Ular Kobra yang melambangkan air.

4. Yerussalem

         Pada abad pertengahan muncul peta yang menampilkan Yerussalem sebagai pusat bumi dimana Yerussalem berada di tangah tengah dan dikelilngi oleh Firdaus di sebelah timur, Laut Merah di sebelah selatan, Afrika di Barat Daya, Laut Tengah di Barat, Eropa di Barat Laut, dan Sungai Don di Utara.

5. Masa Kerajaan Mesopotamia


Gambar di atas merupakan peta bumi dari Masa Kerajaan Mesopotamia yang dibuat pada tahun 2.500 SM.

6. Mongolia

     Orang Mongolia percaya bahwa setelah Bumi selesai dibuat, Tuhan meletakkan Bumi tersebut diatas pundak seekor katak yang sangat besar. Apabila katak bergerak maka terjadilah gempa bumi. 

Previous
Next Post »