6 Kata-kata Terpanjang di Dunia

1. Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis


     Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis didefinisikan sebagai "sebuah penyakit paru-paru yang disebabkan karena terhisapnya debu yang sangat halus, yang kebanyakan ditemukan di daerah gunung berapi". Kata ini pertama kali dicetuskan oleh Everett M. Smith, untuk menjadi kata terpanjang dalam bahasa inggris, tetapi kemudian digunakan dalam berbagai sumber untuk mengacu kepada definisi awalnya.. Kata ini merupakan kata terpanjang yang pernah muncul di kamus bahasa inggris. 

2. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch


     Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch ialah sebuah desa di pulau Anglesey di Wales, Britania Raya. Desa ini tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai tempat yang namanya terpanjang di Britania. Nama ini berarti "Gereja Santa Maria di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air deras dan gereja Santo Tysilio dari gua merah" dalam Wales. Nama tempat ini diciptakan pada 1860-an oleh seorang penjahit setempat untuk membuat desa ini terkenal karena memiliki stasiun kereta api dengan nama terpanjang.

3.Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu

     Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu ialah nama Maori untuk sebuah bukit setinggi 305 meter, dekat dengan Porangahau, di selatan Waipukurau di selatan Hawke's Bay, Selandia Baru. Nama ini sering dipendekkan sebagaiTaumata oleh penduduk setempat agar mudah dilafalkan. 

4.Donaudampfschiffahrtselektrizit�tenhauptbetriebswerkbauunterbeamtengesellschaft 


     Adalah sub organisasi sebelum perang di Wina, Austria dalam Donaudampfschiffahrtsgesellschaft (DDSG), sebuah perusahaan pelayaran yang mengangkut penumpang dan kargo di sungai Donau. DDSG masih ada sampai hari ini dalam bentuk perusahaan swasta DDSG-Blue Danube Schiffahrt GmbH (penumpang) dan DDSG-Cargo GmbH. Nama ini adalah contoh dari compounding yang tak terbatas dalam Bahasa Jermanik; dengan 79 huruf, menurut Guiness Book of Records 1996, adalah kata terpanjang dalam Bahasa Jerman.

5. Danau Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg


     Danau Chaubunagungamaug, atau dikenal sebagai "Danau Webster" adalah sebuah danau di kota Webster, Massacutesst, Amerika Serikat. Nama lengkapnya adalah Danau Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg yang ditulis dengan 45 buah huruf. Nama danau ini merupakan nama tempat terpanjang di Amerika Serikat, dan salah satu nama tempat terpanjang di dunia. Saat ini, sebagian besar orang lebih sering menyebutnya sebagai "Danau Webster", tapi ada juga orang yang suka menunjukkan kebolehan (termasuk sebagian penduduk setempat) dalam mengucapkan nama yang panjang ini dengan cepat.

6. Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit


     Setelah kejatuhan Ayutthaya terhadap Kerajaan Burma pada 1767, raja baru, Raja Taksin mendirikan ibu kota baru, Thonburi, pada wilayah yang sekarang adalah bagian dari kota Bangkok. Ketika masa pemerintahan Taksin berakhir pada tahun 1782, Raja Budhha Yodfa Chulaloke membangun ulang ibu kota di sisi timur sungai dan memberikannya nama resmi upacara (ceremonial name) Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit dan kemudian disingkat menjadi nama resmi sekarang, Krung Thep Maha Nakhon

Previous
Next Post »